Undang KPK, Pemkot Tasik Gelar Seminar Pengadaan Barang dan Jasa

 3,735 total views

Seminar Pengadaan Barang dan Jasa di Hotel Grand Metro Kota Tasikmalaya | Suslia

Kota, Wartatasik.com – Melalui bagian pengadaan, Pemerintahan Kota (Pemkot) Tasikmalaya menggelar seminar terhadap para pelaku usaha di Hotel Grand Metro, Senin (25/11/2019).

Acara ini dalam rangka pembinaan pengadaan barang dan jasa karena sesuai temanya sebagai faktor kunci keberhasilan pembangunan daerah.

Pemateri seminar dari Ketua Tim Korsupgah KPK Wilayah Jawa Barat Tri Budi Rochmanto mengatakan,
seminar ini guna proses (pengadaan) barang jasa lebih baik.

Sebab kata ia, tak hanya dari sisi Unit Kerja Pengadaan Barang Jasa (UKPBJ) dan Pengguna Anggaran (PA) atau Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) nya saja, tapi juga dari pelaku usaha agar mendukung hal yang sama mulai dari sekarang bersih (bebas korupsi).

“Aturan yang ada itu bukan untuk menghambat pelaku usaha dalam pembangunan pemerintah, tapi diharapkan proses itu dilakukan secara transparan dan bersih,” ucap Tri saat diwawancara Wartatasik.com usai seminar.

Diwaktu sama, Kepala Bagian Pengadaan Pemkot Tasikmalaya Achmad Taufik menyebut pengadaan barang jasa sesuatu yang dinamis, seolah tidak tersolusikan dengan menstrategikan barang jasa.

“Pesan saya mungkin bisa disolusikan pagu yang tersedia, tapi tidak direalisasikan disini harus mendorong kepada peran dan fungsi pengadaan barang jasa yang konperensif,” ungkapnya.

Selain itu tambah Achmad, juga dalam rangka memastikan bahwa segala sesuatunya terkait dengan yang direncanakan dalam pembangunan pasti bisa direalisasikan

Pihaknya pun sengaja mengundang KPK karena pengadaan barang jasa ada di ruang lingkup keuangan negara dan menjadi area dalam strategi pelaksanaannya.

“Bukan soal berbicara kepatuhan, tapi lebih memastikan artinya barang jasa harus didasarkan oleh pelaksanaan yang bersih dan bebas korupsi dan KPK punya tugas dan fungsi dalam rangka pencegahan korupsi,” pungkasnya.

Nampak hadir dalam seminar tersebut, para OPD se-Kota Tasikmalaya, Perwakilan Pemerintah Daerah se-Priangan Timur, OJK, BI serta tamu undangan lainnya. Suslia.

Related posts