Upaya Mahasiswa KKN-T UPN Veteran Jatim Kelompok 91 Memperbaiki Pipa Air yang Rusak dan Bocor

 36,320 total views

Upaya Mahasiswa KKN-T UPN Veteran Jatim Kelompok 91 Memperbaiki Pipa Air yang Rusak dan Bocor | dokpri

Upaya Mahasiswa KKN-T UPN Veteran Jawa Timur Kelompok 91 dalam Memperbaiki Pipa Saluran Air yang Rusak dan Bocor…

Surabaya, Wartatasik.comDi setiap desa pasti memiliki fasilitas atau infrastrukur yang digunakan bersama, namun ada kalanya beberapa infrastruktur itu rusak dikarenakan beberapa faktor, seperti umur dari infrasrtukur yang sudah tua maupun bisa juga dari perilaku manusia itu sendiri.

Memperbaiki infrastruktur desa juga merupakan salah satu program yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-T UPN Veteran Jawa Timur kelompok 91 terutama dalam memperbaiki pipa saluran air yang rusak ataupun bocor yang ini memang memerlukan bantuan dari keilmuan jurusan teknik.

Pipa saluran air yang bocor ataupun rusak tentu menjadi masalah yang sangat penting bagi warga di desa karena air itu sendiri merupakan sumber utama dalam rumah tangga seperti memasak, mandi bahkan diperlukan dalam membersihkan kandang sapi.

Pada selasa (17/05/2022),  mahasiswa KKN-T UPN Veteran Jatim Kelompok 91 melakukan kegiatan memperbaiki salah satu infrastruktur desa yang rusak yaitu saluran pipa air yang rusak dan bocor. Saluran pipa air ini berlokasi di Bumi Perkemahan Pengajaran, Desa Galengdowo.

Selain untuk membantu warga desa dalam pengairan air ke rumah warga, hal ini juga terkait dengan pengembangan objek wisata Bumi Perkemahan Pengajaran, sehingga diharapkan dengan adanya perbaikan saluran air yang bocor membuat air yang mengalir tidak sampai menggenangi area perkemahan.

Jika saluran pipa air ini tidak segera diperbaiki tentunya akan menganggu wisatawan dalam berkemah dikarenakan banyak air yang menggenangi area bumi perkemahan.

Menurut Zainal selaku Ketua Karang Taruna Dusun Pengajaran, memperbaiki saluran pipa air yang bocor merupakan sebuah langkah awal agar kedepannya jika bumi perkemahan mulai ramai kembali tidak menganggu aktivitas wisatawan bumi perkemahan. Oleh karena itu, mahasiswa KKN-T berupaya untuk segera memperbaiki pipa saluran air yang rusak dan bocor.**

Penulis : Kusuma Wardhani Mas’udah.S.Si., M.Si ; Detta Anugrah Heni’19 ; Adinda Solinaputri Nurfadhila’19 ; Alvina Aryanti’19 ; Salmadina Putri P’19 ; Resa Nabilla’19; R. Vanji Ubaiyi’19 ; Agung Budi W’19 ; Putu Nandhika Pratama’19 ; Alief Faza’19; Andri Setiawan’19. (Dosen Pembimbing Lapang & Anggota Kelompok 91 KKNT – MBKM UPNVJT)

Related posts