Warga Sumringah, PSDA DPUTR Kota Tasik Bangun TPT Irigasi Citanduy Blok Ciroyom

 12,163 total views

Warga Sumringah, PSDA DPUTR Kota Tasik Bangun TPT Irigasi Citanduy Blok Ciroyom | Asron

Kota, Wartatasik.comBangun irigasi yang sebelumnya longsor akibat labilnya penahan tanah, PSDA DPUTR Kota Tasikmalaya belum lama ini usai melaksanakan Pembangunan Perkuatan Tebing Tembok Penahan Tanah (TPT) Irigasi Citanduy Blok Ciroyom, Kecamatan Cipedes.

Pelaksanaan kegiatan yang berlangsung 60 hari kalender, tepatnya pertanggal 20 Oktober ini merupakan pengelolaan SDA dan Bangunan Pengaman Pantai Pada Wilayah Sungai (WS) dalam satu daerah kabupaten/kota.

Kegiatan yang menelan dana sebesar Rp. 409.159.000, dan bersumber dari Bankeu Propinsi Jawa Barat ini sudah 100 persen selesai dan siap dimanfaatkan masyarakat pengguna air semakin lancar serta akses yang sempat tertutup akibat longsor kembali normal.

“Kami bangun TPT yang baru kiri kanan bahkan ada bangunan yang sudah ada dan retak-retak sekitar 10 meteran, untuk optimalitas kami rehab sekalian, karena berada di satu lokasi,” ucap Kabid PSDA DPUR Kota Tasikmalaya Yadi Kusdiman didampingi Korwil Cimulu – Cikalang Agus Nurmawan, Jumat (18/11/2022).

Diakuinya, pelaksanaan pembangunan TPT Irigasi Citanduy ini berdasarkan usulan masyarakat karena akses dan pengairan terputus akibat longsor.

“Kejadian longsor tahun 2021, berikut usulan dari warga, Alhamdulillah pada tahun anggaran 2022 ini baru tercover, kebetulan ada paket disitu kami masukkan sesuai dengan kebutuhan,” ujarnya.

Dikatakannya, untuk optimalitas manfaat pembangunan TPT yakni memperlancar saluran, pihaknya melaksanakan normalisasi saluran dengan melakukan pengerukan.

“Ditakutkan bila tidak ada normalisasi saluran tersebut, manfaat pembangunan tidak dirasakan maksimal masyarakat,” terang Yadi.

Pihaknya berpesan dan berharap dengan adanya pembangunan TPT di Irigasi Citanduy Blok Ciroyom kebutuhan air dan akses yang sempat terputus dapat normal kembali.

“Mudah-mudahan dan insyaallah keberadaan TPT di Irigasi Citanduy dapat membantu kebutuhan masyarakat dan segala aktivitasnya kembali normal. Tak lupa kami berpesan agar turut menjaga dan memelihara hasil pembangunan ini supaya kita dapat merasakan manfaatnya lebih lama,” tandasnya.

Sementara itu, salaseorang warga mengaku menyambut gembira dan mengapresiasi adanya pembangunan TPT ini. Diakuinya akses yang sempat terputus kini sudah bisa dilalui kembali.

“Alhamdulillah, setelah adanya pembangunan ini, saluran air kembali lancar dan akses pun tak terputus lagi,” tandasnya. Asron

Related posts