Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Tasikmalaya adakan kegiatan peningkatan kapasitas relawan/satgas penanggulangan bencana di aula kantor BPBD, Jumat (09/03/2019) | Blade

Kota, Wartatasik.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Tasikmalaya adakan kegiatan peningkatan kapasitas relawan/satgas penanggulangan bencana yang dihadiri Sekda H. Ivan Dicksan di aula kantor BPBD, Jumat (09/03/2019).

Ditemui wartatasik.com, Kepala BPBD Ucu Anwar menuturkan, kegiatan ini adalah bagian dari programnya. Sebab BPBD itu harus 24 jam siap melayani kebutuhan masyarakat,

“Bukan hanya bencana alam, tapi kita juga layani bencana iklim, geologis, bencana lingkungan, termasuk bencana sosial,” ujarnya.

Dikatakan Ucu, BPBD berserta tim sudah bertekad dengan kondisi minimal menjadi maksimal buat masyarakat, sebab kalau hanya berpikir infratruktur atau tentang peralatan memadai kebutuhan, BPBD tidak akan bekerja.

Kepala BPBD Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar | Blade

“Apapun kita siap siaga dan kita akan maksimal, jadi kita tidak pernah berpikir memadai atau tidak alat itu tapi akan kita upayakan optimal menghadapi kebencanaan,” pungkasnya.

Tambah Ucu, karena BPBD dari bulan November 2018 sampai Mei 2019 masih memilki SK wali kota tentang keadaan tanggap darurat bencana Hidrometrologis. Pihaknya terus siap siaga untuk penanggulangan itu termasuk petir yang terjadi di beberapa titik.

“Banyak rumah penduduk yang terkena petir, kita berikan di samping bahan-bahan dasar seperti sembako, tikar, selimut, tenda,” terangnya.

BPBD juga memberikan bantuan finansial dengan rambu rambu dan regulasi yang ada untuk menunjukan bahwa Pemkot hadir di tengah masyarakat yang menjadi korban. Blade.