Nampak Kasi Pembangunan Bid Jalan Dinas PUPR Kota Tasikmalaya Rino Isa Muharam tengah meninjau pengerjaan perbaikan jembatan Gobang, Selasa (10/09/2019) | Asron

Kota, Wartatasik.com – Jembatan Gobang, Singkup Kec. Purbaratu Kota Tasikmalaya kini tengah diperbaiki.

Akses masuk perbatasan kota dan kabupaten itu memang pantas mendapat perhatian serius untuk membantu memudahkan masyarakat dalam beraktivitas.

Kepala Seksi Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Kota Tasikmalaya Rino Isa Muharam mengatakan, sebenarnya kondisi jembatan Gobang sudah tidak layak dan harus segera dibangunkan jembatan baru untuk keamanan dan kenyamanan akses masyarakat.

“Tiap tahun juga kami selalu mengajukan untuk daerah perbatasan yang terisolir, salah satunya wilayah Singkup tersebut,” ujarnya saat ditemui Wartatasik.com, Selasa (10/09/2019).

Lanjut Rino, pembangunan baru jembatan Gobang itu dimaksudkan agar bangunannya lebih permanen, “Tidak banyak anggaran yang dikeluarkan karena seringnya pemeliharaan,” katanya.

Pemasangan batu bronjong guna menopang kekuatan beban jembatan | Asron

“Masa tiap tahun harus dianggarkan untuk pemeliharaan, mengingat kondisi jembatannya benar benar telah uzur,” ucapnya.

Namun tambahnya lagi, pembangunan jembatan baru perlu kesiapan kedua belah pihak pemerintahan daerah. Baik itu kota maupun kabupaten Tasikmalaya.

Pihaknya lanjut Rino, sudah berkoordinasi dengan kabupaten melalui Provinsi, bahkan mendorong untuk segera dibangunkan jembatan baru.

“DED nya sudah kita siapkan, tinggal keseriusan pemerintah Kabupaten Tasikmalaya,” tuturnya.

Apalagi nanti jika Bendungan Leuwikeris sudah jadi, jarak air tinggal beberapa meter lagi ke jembatan, sehingga tingginya harus dinaikan agar tak terendam aliran bendungan.

“Harus dinaikkan, agar tak beresiko merusak kondisi jembatan dan mengancam keselamatan masyarakat yang menggunakan jembatan,” jelasnya.

Untuk sementara lanjut Rino, pihaknya hanya bisa memperbaiki kerusakan jembatan yang terhubung dengan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya itu.

Pengerjaan perbaikannya tambah Rino, sudah dimulai seminggu yang lalu dan berjalan lancar.

“Dana perbaikan jembatan tersebut sebesar Rp 170 juta. Sebelum pengerjaannya, kami konsultasi dulu dengan propinsi,” imbuh Rino.

Ia menerangkan perbaikannya itu mencakup penggantian bantalan jembatan,  hingga pemasangan bronjong tepi sungai tentunya untuk memberi kekuatan beban jembatan. Asron

Nampak pegawai tengah memasang batu bronjong jembatan Gobang Singkup | Asron