Tekan Angka Pengangguran, Disnaker Kota Tasik Gelar Seleksi Pelatihan Kerja

351 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Suasana seleksi untuk pelatihan di BLK Bekasi dari Disnaker Propinsi Jabar di Kantor Disnaker Kota Tasikmalaya, Kamis (21/01/2019) | asron

Kota, Wartatasik.com – Untuk menekan angka pengangguran, Disnaker Provinsi Jawa Barat mengadakan seleksi bagi calon peserta asal Kota Tasikmalaya yang nantinya akan mengikuti pelatihan di BLK Bekasi.

Ditemui wartatasik.com, Kepala Disnaker Rachmat Mahmuda SE., MM., mengatakan ada 30 orang peserta yang ikut seleksi tersebut. Kegiatan itu katanya, baru pertama kali digelar, kuotanya 100 orang khusus peserta se-Jawa Barat yang akan mengikuti pelatihan disana selama 40 hari.

“Selama mengiktui pelatihan disana, tentunya semua fasilitas peserta dijamin, seperti makan, minum dan lainnya,” ujarnya usai membuka seleksi di Kantor Disnaker Kota Tasikmalaya, Kamis (21/03/2019).

“Hasil seleksi ini akan diinformasikan satu sampai dua minggu dari sekarang,” tukasnya. Adapun bidang keahlian yang ada dipelatihan nanti tutur Rachmat, diantaranya pelatihan las, otomotif, design, programer dan tata boga.

Kadisnaker Kota Tasik Rachmat Mahmuda SE, MM., | dok Wartatasik

Ia mengatakan bahwa pihaknya akan menggelar kegiatan serupa, atau seleksi gelombang kedua, “Mungkin waktunya setelah lebaran. Para pencari kerja harus cekatan manfaatkan program ini, sebagai akses mendapat kerja sesuai bakatnya,” katanya.

“Jika telah mengikuti pelatihan, para pencari kerja akan mudah mendapatkan pekerjaan sesuai minat dan bakatnya karena sudah memiliki sertifikat melalui pelatihan yang digelar Disnaker kota maupun provinsi ini,” paparnya.

Rachmat berharap pihaknya segera memiliki gedung balai pelatihan untuk menggelar pelatihan-pelatihan para pencari kerja di Kota Tasikmalaya, “Dengan adanya BLK di Kota Tasik, akan lebih leluasa dan banyak peluang untuk menekan angka pengangguran,” tandasnya. Asron

Related posts