Kadisnaker Kota Tasikmalaya, H. Rachmat Mahmuda | Blade

Kota, Wartatasik.com – Bertempat di GOR Sukapura, Dadaha, ribuan pelamar kerja padati acara Job Fair skala nasional yakni One Stop Career Expo 2018 itu tepatnya diikuti pencari sebanyak hampir 6000 orang. Acara yang digelar Dinas Tenaga Kerja bekerjasama dengan Kemennaker RI itu merupakan even terakbar yang digelar tahun ini, pasalnya kegiatan ini merupakan acara yang kefua kalinya digelar.

Hadir pada hari pertama, Staff Khusus Kemennaker RI Nur Nadifa, Komisaris PT WIKA, dan perwakilan OPD se-Kota Tasikmalaya itu dibuka resmi oleh staff ahli Wali Kota, Tantan. Job Fair itu berlangsung selama dua hari yakni, Kamis-Jumat 18-19 Oktober 2018.

Klik berita terkait >>> Nganggur, Susah Cari Kerja…? Siap-siap saja, di Kota Tasikmalaya Bakal Digelar Job Fair 2018

Ribuan pelamar sesaki GOR Sukapura dalam acara Job Fair | blade

Ditemui disela acara, Kadisnaker Rachmat Mahmuda SE, MM mengaku sangat kaget melihat animo masyarakat terhadap acara tersebut, “Dalam even ini Kami menargetkan 3000 pelamar, ternyata di hari pertama jumlahnya melampaui target,” paparnya, Kamis (18/10/2018).

“Ini kan job fair nasional ada juga pelamar dari Ciamis, Tasik, Garut. Tapi paling banyak Kota Tasik. Untuk perusahan sendiri kami target 30, tapi yang berpartisipasi ada 40 perusahaan dari dalam maupun luar daerah,” tambahnya.

Ribuan pelamar sesaki pula halaman GOR Sukapura dalam acara Job Fair | blade

Pihaknya menjamin bursa kerja tersebut bukanlah seremonial belaka. Karena, lanjut ia, Kemennaker RI meminta agar mengevaluasi perusahaan-perusahaan yang menjadi peserta Job Fair tersebut, “Dalam waktu satu minggu setelah job fair, kami akan mengkonfirmasi semua perusahaan. Apakah pelamar kerja dari acara ini itu sudah dipekerjakan ataukah tidak? Kalau tidak ada tindaklanjutnya, Kami akan blacklist perusahaan tersebut dalam kepesertaan dan tidak akan dilibatkan lagi dalam acara serupa,” paparnya.

Dalam rangka meminimalisir pengangguran di Kota Tasik, Kadisnaker menginformasikan bahwa Kota Tasikmalaua sedang membangunan BLK yang berlokasi di Tamansari seluas 4 ha, “Dan lokasinya pun telah di survey oleh staf khusus Kemnaker RI. Ini merupakan upaya-upaya Pemkot dalam menekan jumlah angka pengangguran, selain dengan membangun BLK juga melalui job fair, mudah-mudahan bisa tercapai sesuai harapan,” pungkasnya. Blade.