Inovasi dan menjadi yang pertama di kategori produk/jasa menjadi kunci penting bagi sebuah brand agar dapat bertahan serta tumbuh dan berkembang, sehingga bisa memenangkan persaingan di era kompetisibisnis yang sangat ketat ini | dokpri

Tidak semua brand mampu menciptakan inovasi dan menjadi yang pertama di kategori produknya. Hanya brand yang sangat kreatif yang bisa memenangkan persaingan di era kompetisi bisnis yang sangat ketat ini. Siapakah mereka?

Jakarta, Wartatasik.com – Inovasi dan menjadi yang pertama di kategori produk/jasa menjadi kunci penting bagi sebuah brand agar dapat bertahan serta tumbuh dan berkembang, sehingga bisa memenangkan persaingan di era kompetisibisnis yang sangat ketat ini.

Oleh karenanya, spirit inovasi dan kreativitas sebuah brand harus selalu diapresiasi dan dikembangkan, agar perkembangan iklim bisnis bertambah sehat dan kompetitif.

Beranjak dari fenomena inilah, TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan INFOBRAND.ID menghadirkan penghargaan “Pertama di Indonesia dan TOP Innovation Choice Award 2019”.

Suatu bentuk apresiasi bagi sejumlah brand yang terbukti berhasil menghadirkan inovasi untuk menjadi yang terdepan serta Pertama di Indonesia, sehingga memiliki nilai tambah terhadap konsumen mereka.

Tri Raharjo selaku Chairman TRAS N CO Indonesia & Indonesia Brand Network mengatakan bahwa di tengah persaingan bisnis yang sangat ketat dengan beragamnya tawaran produk dan jasa inovatif kepada konsumen, Penghargaan Pertama di Indonesia bisa menjadi value bagi perusahaan dimata konsumennya.

“Kami berharap brand-brand di Indonesia semakin terpicu untuk selalu menciptakan terobosan-terobosan baru dan mengejar prestasi sebagai perusahaan paling inovatif di kategori produknya,” ujar Tri Raharjo saat menggelar jumpa pers di Ball Room Park Regis Arion Hotel Kemang, Jakarta Selatan, Selasa  (21/5/2019).

Sementara untuk Penghargaan TOP Innovation Choice Award 2019, Tri menambahkan, pihaknya telah mengumpulkan data-data brand-brand inovatif yang terbukti berhasil menciptakan sebuah inovasi yang memberikan manfaat terhadap konsumennya.

“Prestasi ini merupakan langkah awal agar inovasi dalam perusahaan terus berkelanjutan. Untuk itu, kami memandang pentingnya perusahaan menjadikan inovasi sebagai budaya di dalam perusahaan,” kata Tri.

MetodologiPenilaian

Penghargaan Pertama di Indonesia diberikan berdasarkan hasil riset dan pendaftaran dengan pendekatan metodologi penilaian sebagai berikut:

  • The First Aspect yakni Perusahaan yang meraihPertama di Indonesia memenuhi unsur Pertama di Indonesia di kategori produk atau pun jasa, baik inovasi atau pun pionir di kategorinya.
  • Evidence Aspect bahwa perusahaan peraih Pertama di Indonesia memiliki alat bukti atau dapat dibuktikan melalui pemberitaan media sebagai Pertama di Indonesia untuk dikategori produk dan jasanya.
  • Validation Aspect yakni perusahaan peraih Pertama di Indonesia wajib menandatangani surat validation data atau disclaimer sebagai Pertama di Indonesia dan atau dibuktikan dengan online validation survei melalui mesin pencari dan media massa.

Sementara untuk menentukan peraih TOP Innovation Choice Award 2019, TRAS N CO Indonesia bersama INFOBRAND.ID melakukan survei terhadap lebih dari 200 inovasi produk atau layanan yang diciptakan perusahaan atau brand di sepanjang kurun waktu 2 tahun terakhir.

Survei menggunakan metode Qualitative Survey dengan mengacu kepada data sekunder melalui media monitoring, sosial media monitoring dan product profile baik berupa video, berita (artikel) dan foto. Penilaian TOP Innovation Choice Award 2019 dilakukan berdasarkan skala likert dengan 3 aspek penilaian yaitu:

  • Innovation Idea Aspect yakni inovasi yang dinilai memiliki ide atau gagasan yang menarik yang melatarbelakangi perusahaan dalam menciptakan sebuah inovasi.
  • Innovation Advantage Aspect yakni inovasi yang dinilai mampu memberikan nilai tambah terhadap produk/jasa.
  • Innovation Differentiation Aspect yakni inovasi yang dinilai memiliki sifat kebaharuan serta dapat menjadi ciri khas dari produk/layanan dari brand yang menciptakan inovasi.

Peraih Penghargaan Pertama di Indonesia & Top Innovation Award 2019

Adapun para peraih penghargaan Pertama di Indonesia diantaranya, Modern Halal Valley (Kategori Kawasan Industri Halal Pertama di Indonesia); Lucky Polytank (Kategori Tangki Air Pertama di Indonesia yang Menerapkan Teknologi Anti Bakteri Sanitized dari Swiss dan Menjadi Mitra Lisensi Dengan Patent Id: IDS000001305);

Beaussentials (Kategori Brand Skincare Lokal dengan Konsep Skip care Pertama di Indonesia (4 ProdukMenggantikan 13+ Produk di Pasaran dari Segi Fungsi dan Hasil); Great Day (Kategori Aplikasi Mobile HR dengan Fitur Benefit: Pinjaman, Asuransi dan Investasi Karyawan) Pertama di Indonesia;

Vitabumin (Kategori Madu Ikan Gabus Pertama di Indonesia); Oryza Grace (Kategori Minyak Goreng Bekatul Padi Pertama di Indonesia); CGV Cinemas (Kategori The First Sport and Community Cinema in Indonesia).

Selanjutnya Orchi Chicken (Kategori Ayam Geprek Hitam Pertama di Indonesia); Sharp (Kategori LED TV Pertama di Indonesia yang Memiliki Fitur Azan); Sasa (Kategori Paduan Komplit Santan & Bumbu Asli Pertama di Indonesia); Softex (Kategori Celana Menstruasi Pertama di Indonesia);

Advance Easy Rent (Kategori Rental Water Purifier Pertama di Indonesia); Gery Malkist Gandum (Kategori Malkist Gandum Pertama di Indonesia dengan Taburan Gula dan Biji Gandum Asli); dan WIKA WH (Kategori Merek Solar Water Heater dan Aircon Water Heater Indonesia Pertama).

Untuk peraih penghargaan TOP Innovation Choice Award 2019 diantaranya: Lenovo Indonesia (Dengan Inovasi Lenovo Yoga 730, Laptop Full HD Layar Sentuh dengan Dukungan Lenovo Active Pen 2 serta Fitur Keamanan Berlapis);

Bigland Springbed (Dengan Inovasi Divan DS (Drawer Secret), Divan yang Memiliki Kotak atau Laci yang Tersembunyi di Dalam Divan); Planet Ban (Dengan Inovasi Service Motor “RasaMesinBaru”, Inovasi Service Motor Tanpa Bongkar Menjadikan Mesin Bersih Total dengan Formula Auto Clean Up dan Auto Tune Up);

Epson Indonesia (Dengan Inovasi Proyektor Light scene, Proyektor Berbentuk Tabung yang Menggunakan Laser dan diperuntukkan untuk sektor komersial untuk menonjolkan lingkungan visual dan memberikan efek visual yang lebih menarik); Astra Digital (Dengan inovasi movic Astra, Inovasi sewa mobil online mudah);

Apotek K24 (Dengan inovasi anjungan pelayanan mandiri, pelayanan mandiri melalui mesin APM yang Tersedia di Gerai Apotek K24 tanpa perlu antre); dan Angkasa Pura 2 (Dengan inovasi Mobile Assistant Check-In, layanan digital modern untuk mempermudah penumpang melakukan proses check-In);

Bank BJB (Dengan inovasi tabungan BJB Tandamata my first inovasi produk tabungan untuk membangkitkan kembali budaya menabung sejak dini bagi anak-anak sampai usia 17 tahun yang menggunakan nama nasabah anak dengan desain karakter yang menarik). Asron