60 Mahasiswa STISIP Siap Gali Potensi Masyarakat Dalam PKN

 2,746 total views

    Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Tasikmalaya melaksanakan Praktek Kerja Nyata (PKN) ke tiga lokasi berbeda di Kecamatan Padakembang, Minggu (01/09/2019) | awen

Kab, Wartatasik.com – Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Tasikmalaya melaksanakan Praktek Kerja Nyata (PKN) ke tiga lokasi berbeda di Kecamatan Padakembang, Minggu (01/09/2019).

Pelepasan mahasiswa PKN ini dilaksanakan di kampus STISIP oleh Ketua Yayasan Dr. Drs. H. Popon Supriatna, M.Pd, Ketua STISIP H.Damay Rusli S.Sos.M.Pd, Dosen serta Camat Padakembang.

Ketua STISIP H. Damay Rusli S.Sos.M.Pd mengatakan, mahasiswa PKN dituntut dan belajar langsung untuk menggali potensi yang ada pada dirinya, masyarakat serta menjadikan bagian solusi sehingga menjadikan kemajuan bagi daerah tersebut.

Ketua PRODI sekaligus ketua PKN Dian Andriani S.IP.M.IP menambahkan, dilaksanakan kegiatan ini semoga bermanfaat bagi mahasiswa kelak dan bermanfaat bagi masyarakat.

PKN ini terbagi dalam tiga kelompok dan tiga tempat dalam satu kecamatan, yaitu kelompok satu di Desa Cilampung Hilir, Rancapaku dan Padakembang dengan jumlah peserta 60 mahasiswa semester dan dimulai dari 28 Agustus sampai 28 September 2019.

Salah seorang mahasiswa peserta PKN Desa Cilampung Hilir Mamat menyebut, PKN ini sekaligus mengimplementasikan diri kepada masyarakat apa yang telah didapat dibangku perkuliahan.

“Ini juga sebagai tuntutan lain yang pernah didapat dari ilmu beladiri Tarung Derajat untuk mengeksploitasi yang ada dalam diri kita, bukan hanya jurus saja, tapi dari segi politik, ekonomi, sosial dan agama,” ujarnya.

Mamat mengaku, pihaknya juga berperan serta dalam segala kegiatan baik dari UMKM maupun kearipan lokalnya. Lantaran itu, PKN nya dituntut untuk mengajak masyarakat mengembangkan potensi lokalnya dibidang kuliner yaitu pengolahan kelapa menjadi Nanadecoco.

“Sesuai dengan tema kami yaitu mendorong partisipasi masyarakat dalam meningkatan potensi lokal desa cilampung hilir,” ucapnya.

Apalagi saat ini akan menghadapi perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), mahasiswa PKN harus bisa memberikan suatu pemahaman dan informasi kepada masyarakat tentang demokrasi, dan bisa mengajak masyarakat untuk ikut peranan dalam pesta demokrasi tersebut. Awen

Related posts