Suasana Gerakan Masyarakat Cerdas (Gema Cermat) yang diadakan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya | Blade

Kota,Wartatasik.com – Wali Kota Budi Budiman hadiri program Gerakan Masyarakat Cerdas (Gema Cermat) yang diadakan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya di Hotel Grand Metro Jln KH Zaenal Mustofa, Rabu (05/12/2018). Kegiatan ini dalam rangka optimalisasi peran apoteker sebagai Agent of Change (AoC).

Dalam sambutannya, Wali Kota berikan dukungannya, pasalnya program ini untuk kepentingan bersama terkait kesehatan akan penggunaan obat oleh masyarakat, “Ini perlu didukung semua pihak, kita ingin bagaimana meningkatkan kualitas derajat kesehatan masyarakat, sadar masyarakat khususnya Kota Tasikmalaya,“ ucap Budi.

Sebab kata Budi, masyarakat sudah mulai paham tentang penggunaan obat, mulai dari pemahaman, penyimpanan, pengaturan serta mengkonsumsinya lalu konsultasi dengan ahlinya.

Direktur Pelayanan Kefarmasian Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan RI Dra. Dettie Yulianti, APT, MS | Blade

“Masyarakat terkadang bisa salah menggunakan obat, meski dari puskesmas atau dokter, karena obat banyak beredar di masyarakat jadi masyarakat harus tau mana yang tidak boleh, “ujarnya.

Sementara itu,  Direktur Pelayanan Kefarmasian Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan RI Dra. Dettie Yulianti, APT, MS menuturkan, obat adalah komoditas khusus.

Apabila digunakan dengan benar akan mengobati, terangnya, namun jika tidak digunakan dengan sesuai aturan akan berbahaya yang berdampak pada biaya kesehatan yang menjadi lebih tinggi,

“Tujuan program ini untuk mencerdaskan masyarakat, agar merubah kebiasaan menyimpan, mengelola, mendapatkan obat yang benar disesuaikan dengan kebutuhan,“ ungkapnya. Blade.

Facebook Comments