Praktek pelatihan tata cara mengurus jenazah | blade

Kota, wartatasik.com – Perhimpunan Remaja Imaroh Masjid Mangkubumi (PRIMMA) gelar Mabit dan shubuh berjamaah di masjid Al Misbah Sukagenah, Sambong Jaya, Kecamatan Mangkubumi, Minggu (30/12/2018)

Ketua Umum PRIMMA DMI Kecamatan Mangkubumi Heru Hermawan menuturkan, tugas PRIMMA itu memakmurkan masjid agar lebih bervariasi, maka diselipkan acara mulasara jenazah, “ini juga salah satu program DMI kota Tasikmalaya,“ ucapnya kepada wartatasik.com.

Suasana Mabit yang digelar PRIMMA | blade

Heru yang akrab disapa Kang Aher ini lantas mengatakan, adanya pelatihan pengurusan mayit dikalangan pemuda, ia berharap kedepannya dengan banyak yang tersentuh hatinya untuk belajar mengurus jenazah, karena kewajiban seorang muslim,

“Saya rasa sekarang sudah minim yang mau mengurus jenazah, PRIMMA akan terus berjuang agar kegiatan ini terjadwal setiap bulannya serta menghimbau agar malam tahun baru yang akan datang PRIMMA kecamatan dan kelurahan mengadakan istigosah dan do’a bersama di masjid masing-masing,“ katanya.

Adapun narasumber Mabit pihak penyelenggara mengundang Drs.Saepudin, MPd ketua DMI kecamtan mangkubumi, Ustad Soleh Ma’mun Wakil Ketua DMI kecamatan Mangkubumi dengan materi kajian ilmu fiqih, pemulasaraan jenazah, adab menghadiri jenazah, cara mengaduskan mayit.

“Tidak hanya itu tata cara memandikan (hadas besar) mayit, kafan dan takfinul, menyolati, mengantar hingga Menguburkan/ memakamkan jenazah dengan peserta 90 orang dari 8 Kelurahan dan disambung istigosah dan subuh berjamaah serta operasi semut (bersih-bersih masjid),” pungkasnya. Blade.