Gelar TOT ke Pangandaran, Katar Kota Tasik: Selain Hiburan juga Edukasi Penanganan Bencana Langsung

 12,980 total views

Gelar TOT ke Pangandaran, Katar Kota Tasik: Selain Hiburan juga Edukasi Penanganan Bencana Langsung | AH

Kota, Wartatasik.com – Tradisi dari para karang taruna biasanya bermunculan pada kegiatan HUT RI (tujuhbelasan), serta beragam kegiatan lainnya.

Terkait hal tersebut akhirnya para karang taruna (Katar) mengembangkan inovasinya melalui kepedulian serta kegiatan yang dilakukan agar adanya kontribusi antara pemuda pemudi demi mengembangkan potensinya menjadi kebanggaan bangsa dan negara.

Sebut saja Katar Kota Tasikmalaya dalam rangka melakukan penataan organisasi, saat ini menggelar kegiatan bertajuk TRAINING of TRAINER (TOT) kerjasama dengan Dinas Sosial Kota Tasikmalaya bertempat di wisata Pangandaran, Sabtu – Minggu (28-29/11/2020).

“Kami ingin karang taruna bisa berubah lebih maju agar bisa berkarya khususnya untuk wilayah masing masing dan umumnya untuk negeri ini, yakni dengan dibentuknya Satgas maka karang taruna bisa berperan serta dalam penanggulangan bencana alam dan membantu BPBD setempat,” papar Rahmat Durahmat. SH selaku Ketua MPKT Karang Taruna Kota Tasikmalaya juga Ketua Bidang Organisasi karang taruna Provinsi Jawa Barat.

Selain itu, lanjut Rahmat bahkan membantu program program pemerintah yang sifatnya sosial juga bisa menjaring para muda mudi ke hal yang positif, “Semoga dapat mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan,” tutupnya.

Ditempat yang berbeda, Amal Aulia Safarulloh atau yang akrab di panggil dengan sebutan Pampam selaku Ketua Pelaksana, dirinya menjelaskan kegiatan TOT diselenggarakan di Pangandaran yakni, disamping memberikan hiburan juga edukasi langsung cara penanganan bencana.

“Karena keterbatasan ruang lingkup yang biasanya hanya berkecimpung di kelurahan kelurahan saja maka dengan adanya hiburan seperti ini diharapkan pemikiran mereka bisa berkembang karena bisa melihat langsung cara penanggulangan satgas pantai dalam penanganan korban dan atisipasinya,” jelas Pampam.

Disini juga katanya, dilaksanakan out bond sebagai dasar pelatihan agar bisa diterapkan dalam penanggulangan bencana alam nantinya.

Lanjut Pampam, acara ini diikuti oleh perwakilan perwakilan karang taruna tingkat kelurahan dan kecamatan juga para pengurus tingkat Kota Tasikmalaya.

“Dengan adanya kegiatan TOT ini maka kami pun akan merekrut para muda mudi agar masuk dalam lingkaran keorganisasian kami yang punya nilai sangat positif,” pungkasnya. AH

Related posts