98 delegasi Pemerintah Kota se-Indonesia hadiri Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) 2019. | Kominfo

Nasional, Wartatasik.com – 98 delegasi Pemerintah Kota se-Indonesia hadiri Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) 2019.

Acara tersebut resmi dibuka langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yang dilaksanakan di Hotel Po, Kota Semarang, Rabu (03/072019).

Mendagri Tjahjo Kumolo menyebut, pemerintah kota harus menjadi contoh tentang tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik dengan pendekatan digital.

Ditempat sama, Ketua Apeksi, Airin Rachmi Diany SH.MH dalam laporannya menyampaikan menegaskan, seluruh anggota Apeksi telah sepakat untuk maju bersama dalam segala bidang terutama dibidang perindustrian, perekonomian dan pariwisata.

Hal itu sesuai saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan dalam G-20 dengan menyebut no one left behind dan bersepakat secara bersama-sama untuk maju dalam kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di daerahnya masing-masing.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menuturkan, pentingnya kota yang ada di seluruh Indonesia dalam penguatan komunikasi dan strategi untuk memperkuat ekspor dan menarik investor serta mengusulkan perda tentang obligasi daerah.

“Saya berharap setiap kota bisa menarik investor yang dapat menginvestasikan dengan menggunakan strategi-strategi seperti mempermudah perijinan, tax holyday dan juga bisa menarik tenaga kerja, “harapnya.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi pun mangaku pentingnya Rakernas Apeksi 2019 sebagai momentum penguatan persatuan Indonesia.

“Semua yang hadir merupakan representasi Indonesia saat ini, khususnya masyarakat di perkotaan. Sehingga, apa yang akan disepakati bersama hari ini rasanya akan menjadi penting,” ujar wali kota.

Dalam Rakernas Apeksi ini dilakukan sejumlah diskusi panel dengan mengangkat berbagai tema salah satunya strategi dana transfer daerah untuk mendukung profesionalitas dan kemandirian keuangan daerah.

Tak hanya itu, kegiatan inti Rakernas Apeksi juga membahas tentang dana kelurahan untuk penguatan pemerintah daerah, serta solusi penyelesaian tenaga K-2 untuk mendukung profesionalitas di daerah.

Nampak hadir pula dalam Rakernas Apeksi yang sudah digelar ke-14 kalinya ini Menteri PAN-RB Syafruddin dan Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo. Kominfo.