Pertandingan demi pertandingan terus bergulir dalam Ajang LIMA Volleyball Nationals Season 7 yang berlangsung di Malang. Ajang bergengsi ini tidaklah disia-siakan para universitas yang menjadi peserta dengan perjuangan keras para peserta menuju podium juara | dok. LIMA

Nasionala, Wartatasik.com – Pertandingan demi pertandingan terus bergulir dalam Ajang LIMA Volleyball Nationals Season 7 yang berlangsung di Malang. Ajang bergengsi ini tidaklah disia-siakan para universitas yang menjadi peserta dengan perjuangan keras para peserta menuju podium juara.

Berikut hasil pertandingan dan peserta yang lolos menuju semifinal dan final yang telah berlangsung Rabu kemarin.

Pertandingan pertama

Tribuana Pastikan Semifinal

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tribuana (STIE Tribuana) Bekasi memastikan diri ke semifinal sebagai juara Pul Merah setelah mengalahkan Universitas Islam Malang (Unisma) di babak penyisihan LIMA Volleyball Nationals Season 7, Rabu (25/9). STIE Tribuana mengakhiri pertandingan di Sport Center UIN Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) dengan skor 3-0 (25-11, 25-22, 25-21).

Selama tiga set, STIE Tribuana mendapat 75 poin. Dari hasil permainannya, mereka berhasil mengumpulkan 54 poin. Oky Maulana menyumbangkan 12 poin di laga ini lewat spike, block point, dan service ace. Sang setter, M. Alfian memberikan umpan sebayak 28 kali di laga ini.

Di sisi lain, permainan Unisma menghasilkan 32 poin dari 54 poin yang didapatkan. Wahyu Hendri Saputro mencetak 10 poin di laga ini untuk kampusnya, sedangkan umpan yang dilakukan setter mereka berjumlah 22 kali dari 23 assist yang didapat.

“Alhamdulillah kami memenangi pertandingan di babak penyisihan ini dan melaju ke semifinal sebagai juara Pul Merah. Target saya sebagai pelatih dan kampus memang sampai ke empat besar lebih dulu. Seterusnya, kami akan menyerahkan semuanya kepada para pemain. Kalau mereka ingin berjuang dengan kebersamaannya dan mengeluarkan kemampuan mereka untuk nama kampus, anak-anak pasti akan berusaha untuk mendapat prestasi tertinggi,” ungkap Delvi Amri, pelatih STIE Tribuana.

Meski kemenangan berada di tangan STIE Tribuana yang sudah berpartisipasi di LIMA Volleyball sejak musim lalu, Unisma Malang yang baru bergabung di LIMA Volleyball musim ini tidak menunjukkan sikap menyerahnya. Mereka justru akan mempersiapkan diri lebih matang lagi untuk menghadapi LIMA Volleyball musim depan.

Pelatih Unisma Malang, Hafis Syarifudin, mengatakan, “Kami harus mengakui bahwa materi pemain, kesiapan, dan mental lawan lebih baik daripada kami. Mereka sudah berusaha semaksimal mungkin hingga beberapa pemain cedera. Namun, saya menghargai perjuangan yang mereka capai hingga di Nationals ini. Kami akan mempersiapkan diri lebih matang lagi untuk mengahadapi musim depan.”

Dengan hasil ini, STIE Tribuana akan melaju ke babak semifinal yang akan berlangsung pada Kamis (25/9). Di sisi lain, Unisma Malang masih belum memiliki kesempatan untuk masuk ke empat besar. Mereka akan menunggu pergelaran LIMA Volleyball Season 8 mendatang.

Datang dan saksikan semifinal LIMA Volleyball Nationals Season 7 di Sport Center UIN Maliki. Atau, streaming di official Youtube Liga Mahasiswa.

Klik berita terkait >>> Sejumlah Pertandingan Sengit Antar Mahasiswa dalam Ajang LIMA Volleyball Nationals Season 7

Pertandingan kedua

Usakti Ikuti Langkah Tribuana ke Empat Besar

Universitas Trisakti (Usakti) Jakarta melaju ke empat besar sebagai runner-up Pul Merah setelah memenangi laga melawan Universitas Negeri Malang (UM) di LIMA Volleyball Nationals Season 7, Rabu (25/9). Usakti menciptakan skor kemenangan 3-1 (25-17, 25-22, 23-25, 25-17) di laga yang berlangsung di Sport Center UIN Maliki tersebut untuk mengikuti langkah STIE Tribuana ke semifinal.

Meski kemenangan berada di tangan Usakti, performa UM juga tidak buruk. Mereka bahkan sempat unggul di set ketiga.

Dari empat set yang dilakoni, permainan Usakti telah menghasilkan 71 poin. Para pemainnya juga melakukan 52 kali spike, 10 block point, dan 54 kali assist. Diki Repaldi menyumbang 21 poin di laga ini, sedangkan tosser mereka, Johan Freederick Sanger, memberikan umpan sebanyak 49 kali.

Poin yang dihasilkan UM juga cukup banyak. Dari 81 poin yang didapat, permainan mereka berhasil menghasilkan 48 poin. Sofio Oulfan mencetak 14 poin lewat spike, placing ball, dan service ace.

Meski kemenangan di sisi Usakti, pelatih mereka juga mengapresiasi permainan UM. Desi Ramdani, mengatakan, “Meski kami memenangi pertandingan ini, permainan tim UM juga cukup bagus.  Kami akan bermain dengan formasi lengkap di pertandingan semifinal. Kami berharap para pemain bisa konsisten di empat besar nanti agar bisa kembali membawa harum nama kampus, seperti di conference.”

Kekalahan ini tidak menyurutkan semangat UM untuk berprestasi kembali di masa mendatang. UM yang merupakan tim debutan di LIMA Volleyball Season 7 sudah menunjukkan penampilan yang baik hingga bisa melaju ke Nationals musim ini. Mereka pun akan menunggu LIMA Volleyball musim depan untuk mencari prestasi lagi

“Hari ini, UM kembali ke performa terbaiknya. Mereka lebih percaya diri dan semangatnya lebih bangkit. UM merupakan tim debutan di kompetisi LIMA. Pihak kampus juga mengapresiasi prestasi kami di conference kemarin sehingga mereka selalu gencar ingin meraih prestasi kembali, baik untuk diri sendiri maupun untuk kampus. Kami akan menjadikan pengalaman musim ini sebagai pembelajaran untuk lebih baik di LIMA Volleyball tahun depan,” kata Stefanus Freedy Dwi C., pelatih UM.

Dengan hasil ini, Usakti akan melakoni laga semifinal yang akan berlangsung pada Kamis (26/9) menghadapi juara Pul Putih. Datang dan saksikan laga tersebut di Sport Center UIN Maliki. Atau, streaming di official Youtube Liga Mahasiswa.

Pertandingan ketiga

Unisma Bekasi Perbesar Peluang Lolos Fase Grup

Universitas Islam 45 (Unisma) Bekasi memperbesar peluan mgelangkah ke semifinal LIMA Volleyball Nationals Season 7 setelah mengalahkan tuan rumah, UIN Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) di Sport Center UIN Maliki. Skor 3-0 (25-23, 25-11, 25-19) mengakhiri laga pada Rabu (25/9) tersebut.

Unisma Bekasi menghasilkan 75 poin di laga ini. Dari total poin tersebut, 55 poin diciptakan berkat permainan mereka. Fery Setyawan TB menyumbangkan 16 poin lewat spike dan block point. Total spike yang dilakukan para pemain Unisma Bekasi adalah 43 kali spike, dan 44 assist. Tosser mereka, M. Irvan Gunawan melakukan 41 kali assist di laga ini.

Meski Unisma Bekasi menang, UIN Maliki sudah melakukan perlawanan dengan baik. Dalam beberapa kesempatan, mereka juga sempat mengungguli lawan. Selama tiga set, permainan mereka menghasilkan 37 poin dari 53 poin yang didapat. Bagas Ardiansyah Fajriyan menyumbang angka terbanyak dengan 12 poin. Umpan yang dilakukan Bagas dkk. sebanyak 29 kali, dan 26 assist dilakukan oleh salah satu setter mereka, Faiz Daroini.

“Saya bersyukur bisa meraih hasil yang sesuai dengan harapan kami. Namun, masih ada keraguan di dalam diri beberapa pemain saat bertanding tadi. Kami akan melakukan evaluasi agar ke depannya bisa lebih baik lagi. Kalau kami lolos ke semifinal, saya akan meningkatkan semangat anak-anak kembali agar bisa juara dan membanggakan kampus,”

UIN Maliki pun masih akan mempersiapkan diri untuk meneruskan perjuangannya di LIMA Volleyball musim depan.

“Para pemain bertanding dengan santai tanpa tekanan. Meskipun kemungkinannya kecil untuk lolos dari fase grup, semangat mereka tetap luar biasa untuk memberikan yang terbaik. Kami akan mencoba memenuhi harapan kampus yang ingin tim UIN Maliki menjadi juara di tahun depan. Oleh karena itu, kami akan melakukan evaluasi dan memperbaiki kekurangan teknis dan mental mereka di musim depan.

Dengan hasil ini, Unisma Bekasi semakin dekat dengan semifinal. Lolos atau tidaknya mereka ditentukan oleh hasil dari pertandingan antara UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya melawan Universitas Negeri Malang (UM) hari ini.

Datang dan saksikan semifinal LIMA Volleyball Nationals Season 7 di Sport Center UIN Maliki pada Rabu (25/9). Atau, streaming melalui official Youtube Liga Mahasiswa.

Pertandingan keempat

Umika Runner-up Pul Putih

Universitas Mitra Karya (Umika) memastikan diri menjadi runner-up Pul Putih dan melaju ke semifinal LIMA Volleyball Season 7 setelah mengalahkan UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya pada Rabu (25/9). Laga yang berlangsung di Sport Center UIN Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) tersebut berakhir dengan skor 3-1 (25-22, 23-25, 25-21, 27-25).

Dari empat set pertandingan, Umika menghasilkan 100 poin, 80 poin di antaranya berasal dari permainan mereka. Try Sandy Gusti menyumbangkan 21 poin di laga ini, Assist terbanyak dilakukan Anwar Saepudin dengan 47 kali assist dari total 55 kali assist.

Performa UINSA juga tidak buruk. Mereka sudah melakukan perlawanan hingga sempat unggul satu set dan memaksa deuce di set terakhir. Permainan tim Surabaya tersebut mampu menghasilkan 63 poin dari 93 poin yang didapat. Dari 63 poin, Frisca Abritama menyumbangkan 21 poin lewat spike dan block point.

“Kami merasa puas dengan hasil pertandingan hari ini. Kami juga menghargai kerja keras tim kami. Tim lawan juga merupakan tim yang bagus dan solid. Kami akan melakukan evaluasi dari babak penyisihan ini untuk semifinal nanti. Namun, yang terpenting mereka bisa bermain dengan lepas. Kami akan berusaha untuk mengharumkan nama kampus karena pihak kampus selalu mendoakan kami saat bertanding,” ujar Riki Pranata, pelatih Umika.

Meski merasakan kekecewaan, UINSA akan tetap berusaha di LIMA Volleyball musim depan. Mereka akan melakukan persiapan serta belajar dari kesalahan di tahun ini agar lebih baik di masa mendatang.

Manajer UINSA, Surya Alam Hadi Putra, mengatakan, “Meskipun kami mendapat hasil yang tidak sesuai dengan harapan, kami tetap bersyukur. Para pemain sudah berjuang dan berusaha semaksimal mungkin. Kami juga dapat memetik pelajaran lewat kompetisi LIMA. Saya dan para pemain akan berusaha kembali tahun depan. Kami akan melakukan persiapan dan melatih kepercayaan satu sama lain agar bisa membanggakan kampus.”

Dengan hasil ini, Umika akan melaju ke semifinal sebagai runner-up Pul Putih, dan akan berhadapan dengan STIE Tribuana Bekasi. Juara Pul Putih, Universitas Islam ’45 Bekasi,akan bertanding dengan Universitas Trisakti (Usakti).

Datang dan saksikan semifinal tersebut pada Kamis (25/9) di Sport Center UIN Maliki. Atau, streaming melalui official Youtube Liga MahasiswaRedaksi

Loading...