Pemkot Tasik Akan Terapkan PSBB, PMII: Analisa Dulu Efek Dominonya

 25,669 total views,  5 views today

Ketua 2 PC PMII Kota Tasikmalaya Asep Kustiana | dokpri

Kota, Wartatasik.comDalam waktu dekat Kota Tasikmalaya akan memberlakukan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dikarenak melihat penyebaran virus Covid-19 semakin hari terus bertambah.

Oleh karena itu langkah diberlakukannya PSBB adalah suatu upaya efektif untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19 ini.

Hal tersebut diungkapkan Ketua 2 PC PMII Kota Tasikmalaya Asep Kustiana. Ia mengatakan juga dengan diberlakukannya PSBB nantinya juga akan mempengaruhi roda ekonomi di Kota Tasikmalaya.

“Dan berdampak pada sektor bisnis yang bukan bergerak pada kebutuhan publik seperti yang telah diatur oleh Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Pedoman PSBB,” ungkapnya, Minggu (03/05/2020).

Oleh sebab itu lanjut Asep, seharusnya pemerintah sebelum memberlakukan PSBB harus menganalisa efek domino terutama pada kebutuhan utama rakyat (ketersedian makanan), mempunyai data yang benar-benar valid terkait masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Klik berita terkait >>> Soroti Wali Kota Datangi Pasar Cikurubuk, 
PMII Kota Tasik: Jangan Melabrak Imbauan Sendiri

“Jangan sampai seperti bantuan dari Pemprov Jabar yang tidak jelas datanya dan tidak jelas pendistribusiannya sehingga menimbulkan konflik di masyarakat,” sesalnya.

Karena tambahnya, didalam Permenkes tentang Pedoman PSBB pada Pasal 9 ayat 2 disana menerangkan penetapan PSBB juga mempertimbangkan kesiapan daerah dalam hal-hal yang terkait dengan ketersediaan kebutuhan hidup dasar rakyat.

“Ketersediaan sarana dan prasarana kesehatan, ketersediaan anggaran dan operasionalisasi jaring pengaman sosial untuk rakyat terdampak, dan aspek keamanan,” ujar Asep.

Diharapkan pemerintah Kota Tasikmalaya katanya lagi, sebelum melaksanakan PSBB harus melaksanakan semua mekanisme dan siap menjalankannya tidak setengah-setengah.

Ia menandaskan. upaya penanganan untuk memutus rantai penyebaran Virus Covid-19 di Kota Tasikmalaya harus segera dilakukan.

“Diantaranya dengan melakukan PSBB dengan benar dan totalitas, karna semakin lama virus Covid-19 ini ada semakin lama perekonomian semakin turun,” pungkasnya. Asron

Related posts