Pergi Staycation Saat ‘New Normal’? Ikuti 7 Tips Ini Agar Kamu Tetap Aman

 6,286 total views

Ilustrasi

Sudah berapa lamakah kamu tidak pergi berlibur semenjak masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diberlakukan? Memang pilihan berlibur di masa pandemi ini jadi sangat terbatas, namun bukan berarti kamu tidak bisa bersantai. Staycation atau berlibur di kota sendiri bisa jadi salah satu pilihan yang tepat untuk melepas penat dan membebaskan diri dari pikiran berat.

Bagaimana cara untuk menjaga diri agar tetap sehat saat staycation? Simak yuk rahasianya.

Pilih penginapan yang menjaga protokol kesehatan

Hal pertama yang perli kamu pastikan saat staycation adalah bagaimana penginapan kamu menjaga kebersihan dan menegaskan protokol kesehatan. Cara memastikannya adalah dengan membaca keterangan penginapan di situs pemesanan daring atau dari ulasan pengguna lainnya. Kamu juga bisa menanyakannya langsung ke pihak penginapan lewat telepon atau email.

Tentunya ketika tiba saatnya untuk menginap, kamu juga wajib mengikuti aturan atau protokol kesehatan yang ditetapkan, ya.

Selalu gunakan masker dan jaga jarak dengan orang lain (social distancing) di tempat umum

Saat ini sudah banyak penginapan atau tempat-tempat wisata yang dibuka dan kemungkinan orang berkerumun pun makin besar. Kamu mesti tetap menjaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter, khususnya di tempat-tempat umum seperti lobby atau lift.

Selain itu, pastikan kamu kenakan masker ke mana pun kamu akan pergi. Jika kamu bepergian dengan keluarga atau kerabat, jangan lupa ingatkan pula mereka untuk selalu mengenakan masker mereka.

Menghindari tempat ramai

Saat kamu akan pergi jalan-jalan, pilihlah tempat-tempat yang tak banyak orang berkumpul. Sebisa mungkin hindarilah tempat tempat seperti kolam renang, gym, dan area lainnya yang menjadi tempat berkumpulnya orang.

Rajin mencuci tangan dan menjaga kebersihan diri

Kebiasaan mencuci tangan harus tetap kamu jalankan saat kamu sedang staycation. Cucilah tangan kamu dengan air mengalir dan sabun setiap sebelum dan sesudah makan, dan setelah kamu beraktivitas.

Tidak kalah penting adalah membersihkan diri tiap sehabis beraktivitas di luar. Dengan mandi, kamu tidak hanya membuat diri kamu lebih segar, tapi kamu juga mengurangi kotoran di tubuh kamu.

Cek apakah masa inap kamu diasuransikan

Ketika sedang berlibur staycation, pastinya kamu ingin waktu bersantai kamu bebas rasa khawatir dari risiko kena penyakit. Kini asuransi kesehatan bisa kamu dapatkan dengan mudah saat memesan penginapan atau melalui aplikasi asuransi online seperti Qoala.

Dengan asuransi, jika kamu jatuh sakit kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar karena akan ditanggung pihak asuransi. Staycation kamu jadi makin menyenangkan.

Pesan makanan lewat room service

Banyak penginapan saat ini yang menutup restorannya dan menyediakan menu makanan dengan cara dikirimkan ke kamar kamu. Untuk penginapan yang masih membuka restorannya, akan lebih bijak jika kamu meminta pihak hotel untuk mengantarkan pesanan kamu ke kamar saja untuk menghindari kontak fisik dengan orang lain.

Bawa peralatan makan sendiri

Saat staycation tentunya kamu ingin mencicipi kuliner sekitar. Untuk menjaga higienitas, bawalah alat makan seperti sendok dan garpu dari rumah. Jangan lupa untuk mencuci peralatan makan kamu tiap setelah habis digunakan agar kamu bisa menggunakannya lagi nanti.

Semoga dengan tips-tips ini, kamu bisa terbebas dari rasa jenuh selama di rumah dengan suasana baru saat staycation. Tetap sehat dan nikmatilah hidup dengan maksimal! **Redaksi

Related posts