Wakil Ketua DPC KNPI Kota Tasikmalaya Myftah Farid | Dokpri

Kota, Wartatasik.com – Kejahatan jalanan (pembacokan) yang menimpa anggota FKPPI Kab. Tasikmalaya di Cieunteung Kota Tasikmalaya, belum lama ini atau tepatnya Minggu subuh 10 Maret 2019 kemarin, mendapat perhatian serius sejumlah kalangan masyarakat.

Salah satunya Wakil Ketua DPD KNPI Kota Tasikmalaya Myftah Farid S.IP. Dalam menjaga kondusifitas, ia mengajak masyarakat berperan aktif untuk upaya membatasi tindakan kriminalitas begundal jalanan dimalam hari dengan menggiatkan siskamling.

“Masyarakat juga harus selalu komunikasi dengan pihak kepolisian untuk memberikan informasi yang dapat membantu aparat hukum,” ujarnya kepada wartatasik.com, Rabu (13/03/2019).

M. Farid yang juga caleg dapil 1 (Bungursari, Cihideung, Tawang) ini menambahkan, Pemkot Tasikmalaya harus bisa melakukan langkah prepentif dalam upaya meminimalisir tindak kejahatan jalanan dengan memasang Penerangan Jalan Umum ( PJU ).

“Jalanan gelap jadi tempat rawan dijadikan area kejahatan, Pemkot harus melalukan maintenance terhadap PJU yang mati,” ujar pria kelahiran Paseh Babakan Baru ini.

Pemasangan CCTV juga tambah Farid, jangan hanya di persimpangan lampu traffic light, tapi juga di lokasi rawan terjadinya tindak kejahatan.

“Disamping itu, Kesbangpol yang notabene wadah bernaungnya organisasi masyarakat harus berperan aktif melakukan pembinaan dan penyuluhan terhadap organisasi terutama komunitas otomotif ada di kota Tasikmalaya,” tegas Farid.

Melihat pelaku kasus didominasi oleh anak sekolah, Myftah khawatir jika tak disikapi serius akan terjerumus jauh ke tindakan pidana lainnya, apalagi generasi muda ini adalah pemegang tongkat estapet kepemimpinan bangsa.

“Saya berharap Dinas Pendidikan aktif sosialisasi kepada murid sekolah dengan menggandeng pihak Kepolisian mensosialisasikan tata tertib lalulintas dan Undang Undang,” pungkasnya. Asron