Dikatakan Dede, kondisi arus balik H + 4 untuk jalur selatan terpantau aman lancar, terutama untuk wilayah Polres Tasikmalaya Kota yaitu sepanjang jalan jalur rajapolah sampai gentong | Wan K.

Kabupaten, Wartatasik.com – Menyiasati kemacetan, pihak kepolisian lakukaan rekayasa lalulintas khusus dari jalur Ciamis di antaranya dari alun alun Ciamis.

Lantaran itu, bagi pemudik yang bertujuan ke Jakarta dan sekitarnya bisa menggunakan jalan Kawali, Cikijing, Majelengka maupun Kuningan.

Hal itu diucapkan Kapolsek Rajapolah IPTU Dede Darmawan SH kepada wartatasik.com, Sabtu (08/06/2019)

Dikatakan Dede, kondisi arus balik H + 4 untuk jalur selatan terpantau aman lancar, terutama untuk wilayah Polres Tasikmalaya Kota yaitu sepanjang jalan jalur rajapolah sampai gentong.

Sementara itu lanjut ia, anggota yang diterjunkan ada pos terpadu dalam bentuk pos perbatasan.

“Jadi kolaborasi antara Polres Tasikmalaya Kota dengan Polres Ciamis dengan menempatkan anggota di Pos Cihaurbeuti agar sama sama memantau,” tukasnya.

Jalan Ciihaurbeuti pun tambahnya, dilakukan juga rekayasa lalu lintas untuk tujuan ke Cipali yaitu menggunakan jalur alternatif jalur Cihaurbeuti, Panumbangan, Panjalu lewat Jahim nanti langsung ke Cikijing Majalengka.

“Untuk hari ini alhamdullilah tidak ada kepadatan yang berarti khususnya jalur Rajapolah,” paparnya.

Adapun nanti bagi pemudik yang masuk ke Gerbang Tol (Getol) Ciperna di Cirebon maupun ke Getol Kertajati yang ada di Majalengka langsung ke tol Cipali.

“Itu mungkin akan lebih lancar karena jalur di sana cukup bagus. Kemudian akses jalan pun jaraknya cukup dekat untuk di tempuh,” imbuhnya.

Pemberitahuan keadaan arus balik ala Pos Pam Rajapolah | Wan K.

“Kami imbau pemudik yang akan arah Bandung ataupun Jakarta (Jabodetabek) dan sekitarnya untuk senantiasa tetap berhati hati dan terpenting mentaati segala peraturan dan petunjuk petugas lalulintas,” pesannya.

Diakhir wawancara, Dede berpesan, apabila terjadi kepadatan lalu diarahkan ke jalur alternatif.

Ia harap pengguna jalan menggunakan jalur yang dianggap aman. Sebab jangan sampai memakan waktu lama kemudian yang berakibat kelelahan.

“Jika lelah, kami sediakan tempat istirahat bagi para pengguna jalan untuk beristirahat di tempat tempat yang sudah disiapkan,” pungkasnya. Wan K.