Miliki Aplikasi Berbasis IT, Provinsi Jabar Sosialisasikan Satgas Saber Pungli kepada Kades dan Lurah

 562 total views,  2 views today

Sekitar 300 perwakilan lurah dan kepala desa dari kota dan kabupaten se-Priangan Timur ikuti acara sosialisasi Satgas Saber Pungli yang berlangsung di Ballroom Hotel Santika Kota Tasikmalaya. Kamis,(25/07/2019) | Suslia

Kota, Wartatasik.com – Sekitar 300 perwakilan lurah dan kepala desa dari kota dan kabupaten se-Priangan Timur ikuti acara sosialisasi Satgas Saber Pungli yang berlangsung di Ballroom Hotel Santika Kota Tasikmalaya. Kamis,(25/07/2019).

Sekretaris II Satgas Saber Pungli A Rusman mengatakan, sesuai Peraturan Presiden (Perpres) nomor 87 tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli dengan pertimbangan bahwa praktik pungli telah merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sehingga perlu upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif, efisien dan mampu menimbulakan efek jera.

Saat ini terangnya, ada sekitar 1400 aduan dan sudah 85% di follow up yang akan membangun efek jera dan mendorong pencegahan sehingga ada keseimbangan antara menindak dan mencegah guna membangun minset kepala desa dan lurah supaya berperan sebagai wakil negara di wilayah yang dipimpinnya.

“Untuk keamanan pelapor, kami akan merahasiakan identitasnya, apalagi sekarang ada UU Perlindungan Saksi,” ungkapnya.

Adapun kini Satgas Saber Pungli Provinsi Jawa Barat sudah berinovasi dengan membuat sistem aplikasi berbasis IT dan Program kegiatan seperti Siberli (Sistem Informasi Saber Pungli), Saber Pungli Masuk Desa, Saber Pungli Masuk Sekolah dan Beranda Saber Pungli.

Nampak hadir dalam sosialisasi ini Sekda Kota Tasikmalaya, Unsur Forkopimda, Unsur Muspika dan Tamu undangan lainnya. Suslia

Related posts