Foto bersama, peserta dan pemateri Seminar Literasi di Garut | Blade

Garut, Wartatasik.com – Lagi-lagi Irsyadul Amal Publishing turun ke desa-desa guna membangkitkan semangat anak muda dalam penyadaran akan pentingnya literasi dalam acara Seminar Literasi, Minggu (07/04/2019).

Acara seminar tersebut dihadiri pihak pemerintahan Desa Tanjungjaya dan Tanjungmulya. yang bertempat di kantor desa Tanjungjaya. Kec. Pakenjeng Kab. Garut. Dan dibuka oleh Kades Tanjungjaya.

Ketua Panitia Yayan mengatakan kepada wartatasik.com,¬†sekitar 100 orang pemuda dan pemudi yang ikut serta dalam acara tersebut. “Dari berbagai kalangan. Ada yang masih duduk di sekolah SMP, SMA dan Mahasiswa,” paparnya.

Pemateri Seminar Literasi di Garut Asmud | Blade

Ia menambahkan, acara yang bertemakan membangun kepercayaan diri para pemuda dalam berkarya itu untuk menggali potensi anak muda yang selama ini belum pernah tersentuh oleh para mentor dan motivator karena minimnya materi untuk mendatangkan orang yang profesional dalam membangun potensi anak muda.

“Banyak para sarjana disini, tapi belum ada yang berkontribusi dalam membangun peradaban di desa ini,” Ujar Yayan.

Sementara itu, tampil sebagai pemateri, Asmud menuturkan melihat SDM para pemuda yang ada di desa tersebut, dirinya yang juga termasuk putera daerah itu, merasa terenyuh dengan kondisi desa tersebut, “Desa terpelosok dan terpencil di Kabupaten Garut ini,” katanya.

“Saya yakin bahwa Allah tidak menciptakan manusia dengan sia-sia. Semua manusia dibekali potensi yang mumpuni, hanya kitanya saja yang harus berfikir mewujudkannya,” jelas Asmud disela acara berlangsung.

Yang pertama dibangun lanjutnya, adalah menanamkan paradigma positif terhadap literasi di kalangan muda dan seluruh lapisan masyarakat. “Karena yang saya rasakan ternyata masyarakat disana masih terhitung lemah dalam literasi,” tambahnya.

Sedangkan Pak Adi Setiadi pemateri ke 2 juga menuturkan asumsinya bahwa menurutnya desa itu sangat potensial, peluang sangat terbuka lebar, “Tinggal bagaimana cara kita mengarahkan, membina dan menggali kualitasnya,” katanya.

Marketing Irsyadul Amal, Ikbalul Anwar turut berharap, dengan digelarnya seminar tersebut, mudah-mudahan masyarakat sadar dalam menumbuhkan benih-benih kemajuan sebuah bangsa. Blade