Ketua KKM bersama tim

Ciamis, Wartatasik.com – Dua Dusun di wilayah Desa Sindangmukti Kecamatan Panumbangan, Ciamis mendapatkan Program Penyedian Air Minum Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Menurut Ketua Pamsimas Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Asep Hermawan mengatakan program Pamsimas bertujuan untuk meningkatkan jumlah fasilitas pada masyarakat yang kurang terlayani, termasuk masyarakat berpendapatan rendah di wilayah perdesaan dan per-urban.

“Bantuan yang sudah diterima dari program ini sebesar 350 juta dari APBDes Rp40 juta, Inkes Rp 14 juta, sawadaya masyarakat yang di uangkan 56 juta dan dari APBN Rp 240 juta,” ungkapnya kepada wartatasik.com, Rabu (10/07/2019).

KKM sendiri terang Asep, pihaknya mengambil sumber mata air untuk masyarakat dengan membuat sumur bor sedalam 100 meter yang akan disaluran ke dua tempat yakni dusun Manganti Rw 05 dan Rw 06 dan Dusun Sukasenang Rw 02 dengan kapasitas 1200 jiwa.

“Semoga dengan adanya program Pamsimas ini pasokan air bersih terpenuhi dan tercukupi khususnya dimusim kemarau sehingga kedepanya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat desa Sindangmukti,” papar ia.

Pamsimas sendiri adalah salah satu program yang dilaksanakan Pemerintah Indonesia dengan dukungan Bank Dunia untuk dilaksanakan di wilayah pedesaan dan pinggiran kota agar masyarakat dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat.

Adapun penerapan program ini dalam rangka mendukung pencapaian target MDGs (sektor air minum dan sanitasi) melalui perluasan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat Wan K.

BAGIKAN