Rumah rusak tertimpa pohon akibat badai di Ciamis | Dok. Net

Regional, Wartatasik.com Hujan deras disertai badai menerjang sebagian wilayah Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat (11/1/2019) sore. Sejumlah rumah warga di tiga desa mengalami kerusakan akibat hantaman badai dan tertimpa pohon tumbang. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Waluya menuturkan hujan turun di wilayah Panumbangan sekitar pukul 16.00 WIB. Awalnya hanya hujan biasa, namun angin bertambah kencang hingga menerbangkan sebagian atap warga dan menumbangkan beberapa pohon.

Ada tiga wilayah yang terdampak yaitu Desa Kertaharja, Desa Sindangherang dan Payungagung. “Saat ini kami masih melakukan pemantauan di lapangan berapa desa yang terkena dampak,” ujar Ade Waluya saat melalui sambungan telepon.

Dari tiga desa tersebut terpantau puluhan rumah mengalami rusak ringan dan rusak sedang. “Data sementara yang rusak ada puluhan rumah, tapi belum sampai 50 rumah, mengalami rusak ringan dan beberapa rusak sedang. Untuk jumlah pastinya saat ini masih dilakukan pendataan. Anggota sebagian membantu warga membersihkan pohon yang menimpa rumah,” tuturnya.

Kabid Darlog BPBD Ciamis Ani Supiani menuturkan saat ini pihaknya masih melakukan assessment terkait jumlah bangunan yang rusak akibat diterjang hujan deras dan angin kencang tersebut.

“Sementara masih didata, sampai saat ini tidak ada laporan korban jiwa. Ada dua tiang listrik yang tertimpa pohon tumbang. Kami koordinasi dengan PLN untuk segera melakukan tindakan, karena satu desa mati lampu,” ucap Ani. detik | Wartatasik.com

BAGIKAN