Kades Pasirtamiang Aripin | Wan K.

Ciamis, Wartatasik.com – Dengan dukungan Bank Dunia, Pemerintah Indonesia melaksanakan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang terfokus di wilayah perdesaan dan pinggiran kota.

Adanya Pamsimas disambut positif Desa Pasirtamiang Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis, pasalnya program ini untuk meningkatkan jumlah fasilitas pada warga yang kurang terlayani termasuk masyarakat berpendapatan rendah di wilayah perdesaan.

“Kami akan mempersiapkannya, untuk menyambut Pamsimas tahun 2019, “ucap Kepala Desa (Kades) Pasirtamiang Aripin saat ditemui wartatasik.com, Jumat (10/05/2019).

Dikatakan Kades, tahun ini desanya akan mendapatkan bantuan Pamsimas dari Dinas Perumahan Rakyat Kawasan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Ciamis sebesar Rp 245 juta.

“Tak hanya itu, kami juga harus dapat mengangkat swadaya masyarakat sekitar 20 persen yang akan di kelola langsung satuan pelaksana masyarakat,” paparnya.

Adapun lokasinya untuk kegiatan program ini diantaranya dusun Kertasari dan Dusun Cijoho. Sumber mata airnya sendiri terang Aripin, akan diambil dari gunung Sawal Blok Cikananga, “semoga Pamsimas dapat memenuhi ketersediaan air bersih, sehingga bisa meningkatkan kesehatan di masyarakat secara umum,” harapnya.

Aripin lantas berharap, program tersebut terus berjalan sebab masih terdapat beberapa dusun yang masih memerlukan air bersih seperti dusun Pasir Landak dan Cigorowong. Wan K.