Selain Ternak, Produk Kopi Gunung Sawal Terus Dikembangkan BUMDES Sukamaju Ciamis

 4,030 total views

Ket foto: Kades Sukamaju Dedeh Engkuh bersama Ketua Bumdes Ir. Aep Danawan | Wan K

Ciamis, Wartatasik.com Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk Ds. Sukamaju Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis sudah berjalan lancar, termasuk sudah mempunyai produk yang menjadi icon pertanian khususnya di bidang Kopi Gunung Sawal.

“Saat ini (kopi gunung sawal,-red) dikelola Bumdes bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Politik dan Pemerintahan sebagian sudah dipesan oleh Instansi khususnya di Kabupaten Ciamis,“ ucap Ketua Bumdes, Ir Aep Danawan, Selasa (30/10/2018).

Diterangkan Aep, seiring berjalan waktu, selain hasil perkebunan, Bumdes Desa Sukamaju juga bergerak di bidang perternakan sapi, abon cabe, teh hijau, kopi robusta, gula semut aren, pinjam kelompok mikro kecil masyarakat yang hasilnya ditabungkan di agen laku BCA, “Supaya mudah untuk pinjaman KUR dan kami juga mengadakan jasa photokopi,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Desa Sukamaju Dedeh Engkuh manambahkan, perjalanan pengembangan Bumdes sesuai dengan Visi Misi yaitu mendorong tumbuhnya usaha ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Desa Sukamaju yang berkelanjutan melalui peningkatan kapasitas, kompetisi sumberdaya kelembagaan Bumdes.

“Saya berharap kedepannya akan melangkah untuk pembelian hasil bumi dan penjualan sarana produksi pertanian untuk kemajuan ekonomi warga,“ harapnya. Wan. K

Related posts