Warga Sekitar Jati Gede Sumedang Manfaatkan Sisa-sisa Bangunan dari Surutnya Bendungan

 2,126 total views

Lokasi Bendungan Jati Gede saat musim kemarau | Wan K

Sumedang, Wartatasik.com – Musim kemarau yang melanda sekitar tiga bulan terakhir ini mengakibatkan surutnya air Bendungan Jati Gede di wilayah Dusun Cibunut Ds. Mekarasih, Kecamatan Jati Gede, Kabupaten Sumedang, Propinsi Jawa Barat.

Itu merupakan keterangan dari salah satu warga setempat, Maman Sulaeman. Ia mengungkapkan biasanya air bendungan di wilayahnya tersebut ketika musim penghujan ketinggiannya sama dengan pohon bambu yang diperkirakan sekitar lebih dari 12 meteran.

“Memasuki musim kering ini keadaan bendungan Jati Gede khususnya di sekitar wilayah Ds. Mekarasih untuk ketinggian airnyanya sekitar dua meteran. Akan tetapi untuk di wilayah pusat bendungan Jati Gede kondisi air tidak terlalu surut, kedalamannya masih sangat dalam,” ucapnya kepada Wartatasik.com, Minggu (07/10/2018).

Namun dibalik musim kemarau ada hikmah dan berkah bagi warga sekitar, karena, lanjut Maman, kondisi Jati Gede saat ini lokasi tersebut terdapat sisa-sisa bangunan atau pohon, “Sehingga dimanfaatkan sisa puing-puing yang masih layak dimanfaatkan,” pungkasnya. Wan.K

Related posts