kini para kelompok tani pengguna air mendapat bantuan program P3A berupa pembangunan saluran air sungai Cibutut yang berlokasi di Rt 05/05 Kp Manggungsari dengan volume P 432 m x L 60 Cm x T 1 m. | Wan K.

Kabupaten, Wartatasik.com – Penyediaan air irigasi bagi tanaman padi menjadi salah satu kunci yang mendukung peningkatan produksi pangan.

Terjaminnya penyediaan air irigasi bisa diupayakan melalui peran Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A).

Apalagi dimusim kemarau ini kerap menyebabkan kekeringan diarea pertanian. Salah satunya di Dusun Cimanggung Desa Manggungsari Kec Rajapolah.

Namun kini para kelompok tani pengguna air mendapat bantuan program P3A berupa pembangunan saluran air sungai Cibutut yang berlokasi di Rt 05/05 Kp Manggungsari dengan volume P 432 m x L 60 Cm x T 1 m.

Ketua P3A, Toni Patoni mengatakan, program ini bersifat sosial, ekonomi, budaya, dan berwawasan lingkungan dari APBN Tahun 2019 senilai Rp 195.000.000 dan dikerjakan secara swakelola oleh masyarakat setempat.

Kata Toni, awalnya di Desa Manggungsari selalu kekeringan, namun dibangunya saluran sungai tersebut semoga dapat bermanfaat bagi petani pengguna air.

“Mudah-mudahan adanya program bantuan P3A ini dapat memperlancar pengairan para petani khususnya di kampung Manggungsari dan kampung Sukasari,” harapnya, Kamis (04/07/2019).

Toni lantas sampaikan terima kasih kepada Pemerintahan Desa (Pemdes) Manggungsari yang sudah memfasilitaai progran ini kepada BBWS, sehingga pihak kelompok tani menerima bantuan P3A

“Kedepannya, kami berharap bantuan program ini dapat berlanjut, sebab wilayah Desa Manggungsari masih banyak saluran irigasi yang belum diperbaiki,” pungkasnya. Wan K.