Penelusuran Brilian TTD Terhadap Temuan Artefak di Pemukiman Kuno Tamanjaya

 5,227 total views

Sejumlah artefak hasil penelususran komunitas TTD di Tamanjaya | dok TTD

Kota, Wartatasik.com – Artefak kuno berupa keramik, gerabah dan kerak besi ditemukan di Pemukiman Kuno Tamanjaya Kec Tamansari, Kota Tasikmalaya. Peninggalan bersejarah itu terkuak saat Komunitas Tempoe Doeloe (TTD) telusuri beberapa bukit di wilayah tersebut.

Dera salah satu anggota TTD mengatakan, dulunya bukit yang diapit situ bojong dan Cibeureum ini adalah pemukiman kuno, tapi sekarang berubah menjadi ladang yang ditanami seperti kacang, singkong dan lainnya, “Temuan ini membuktikan bahwa dulu sekitar abad ke 18 M adalah sebuah pemukiman kuno,“ terangnya kepada Wartatasik.com, Selasa (31/07/2017).

Diterangkan Dera, setelah dikonfirmasi dengan BAlAR (Balai Arkeologi), dugaannya ternyata benar, sebab menurut perkiraan BAIAR, dilihat dari artefak keramik kuno yang ditemukan di Tamanjaya diperkirakan berasal dari abad ke 18. Namun yang jadi pertanyaan, jika diteliti dari lukisan dan jenis kramik seperti jenis artefak di jaman Dynasti Qing, “Entah bagaimana sejarahnya keramik China dari jaman Dynasti Qing itu ada di Tamanjaya, kita perlu penelitian dan kajian lebih dalam lagi mengungkap benda sejarah ini,“ imbuhnya.

Sementara itu, Ketua TTD Hendar Cunay optimis temuan pemukiman kuno ini bisa membuka misteri untuk menguak sejarah Tasikmalaya tempo dulu. Temuan ini kata Cunay, akan dilaporkan ke Dinas Pariwisata dalam rangka melestarikan peninggalan sejarah agar tidak hilang dan aman terjaga, “Saya harap jika masyarakat menemukan artefak benda atau berupa apapun untuk melaporkan ke Dinas Pariwisata,“ harapnya. Asron

Berikut hasil penelusuran TTD >>>

Kerak besi | dok TTD
Gerabah | dok TTD
Keramik diperkirakan zaman Dynasti Qing | dok TTD
Nampak ketua TTD Hendar Cunay di lokasi Pemukiman Kuno Tamanjaya | dok TTD

Related posts