PMI Kab Tasik Ungkap Stok Darah Berkurang di Bulan Ramadhan, KDD Siapkan Anggota untuk Berdonor

 2,102 total views

KDD Tasikmalaya ini siap siagakan anggotanya bagi masyarakakat yang membutuhkan darah di bulan Ramadhan | dokpri

Kabupaten, Wartataasik.com – Memasuki bulan Ramadhan, jumlah pendonor darah di Unit Transfusi Darah Cabang Palang Merah Indonesia (UTDC PMI) Kabupaten Tasikmalaya menurun hingga 50 persen. Dampaknya stok darah dua Minggu kedepan terancam berkurang.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Umum PMI Kabupaten Tasikmalaya, Tonton Ferdian mengatakan apabila jumlah pendonor darah menurun otomatis stok darah akan berkurang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Setiap bulan kita membutuhkan setidaknya 1.500 labu, untuk bulan sekarang baru tersedia 600 labu dan masih kurang untuk memenuhi kebutuhan setiap bulannya. Prediksinya 600 labu hanya cukup untuk kebutuhan dua minggu ke depan”, ujarnya kepada salah satu media online di Tasikmalaya edisi (07/05/2019)

Memang tidak bisa dipungkiri donor darah di bulan Ramadhan memang banyak orang yang enggan/malas mendonorkan darahnya disaat sedang menjalankan ibadah puasa. Berbagai alasan pun muncul, seperti dari segi keyakinan bahwa dengan donor darah saat menjalankan ibadah puasa dapat membatalkan puasa, ada pula rasa takut setelah mendonorkan darah dapat mengganggu aktifitas seharian saat sedang berpuasa.

Donor darah dibulan ramadhan sesungguhnya tidak membatalkan puasa. Ini sesuai dengan Fatwa MUI tanggal 22 Rabi’ul Akhir 1421 H / 24 Juli 2000 tentang hukum donor darah bagi yang sedang berpuasa, bahwa:

“Pengeluaran darah dari orang yang sedang menunaikan ibadah puasa, tidak membatalkan atau mengurangi kesempurnaan ibadah puasa orang yang menjalankan. Bahkan ditinjau dari sudut fadilah atau keutamaan, memberikan sumbangan darah oleh orang yang sedang berpuasa kepada orang yang membutuhkan adalah satu amal shaleh yang dilakukan di bulan puasa”.

Melihat kondisi seperti itu, maka Keluarga Donor Darah (KDD) Tasikmalaya akan mensiagakan anggotanya untuk memenuhi ketersediaan darah di Tasikmalaya. Dan akan menggelar donor darah massal di bulan suci Ramadhan dengan tema ‘Berbagi Darah di Bulan Berkah’

“Acaranya direncanakan tanggal 25 Mei mendatang. Dalam gerakan donor darah massal dibulan puasa kali ini kita menargetkan sekitar 300 labu,” terang Ketua KDD Dodi Kurniawan kepada wartatasik.com.

“Tapi bagi yang membutuhkan bantuan darahnya dari sekarang, KDD juga akan senang hati membantu masyarakat yang membutuhkan,” tandasnya.  asron

Related posts