Akibat Pergeseran Tanah, Fasilitas Umum dan Dua Rumah Warga Kp Setiabudi Alami Kerusakan

 1,729 total views

Nampak Tim BPBD kab Tasikmalaya datangi salah satu rumah terdampak pergeseran tanah | Dokpri

Kab, Wartatasik.com –  Warga Kp Saribudi RT. 002/RW. 009 Desa Banyurasa Kecamatan Sukahening Kabupaten Tasikmalaya dihebohkan kejadian pergeseran tanah yang mengakibatkan kerusakan fasilitas umum dan dua rumah warga.

Sesuai keterangan data tertulis yang dilaporkan kepada Instansi terkait, pergerakan tanah terjadi pada Selasa lalu (16/07/2019) sekitar pukul 01:30 Wib dengan pergeseran sekitar 30 cm.

Adapun kedua rumah warga rusak sedang milik Wawan (46) dan Iji (65) rusak ringan, sementara untuk kerusakan fasilitas umum yakni dua titik saluran air (Peutueynunggal dan Saribudi) dengan taksiran kerugian mencapai Rp. 250 Juta.

“Saat ini, dalam upaya untuk penanggulangan sementara masyarakat bergotongroyong memperbaiki saluran air yang dinilai vital untuk kebutuhan pertanian dan memindahkan dua anggota keluarga  terdampak kerumah tetangga terdekat untuk tinggal sementara,” ujar Toto Haryono Kasi Pemerintahan Desa (Pemdes) Banyurasa saat disambangi wartatasik.com, Selasa (30/07/2019).

Lanjut Toto, bantuan sembako untuk dua keluarga terdampak sudah ada dari Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya.

Sedangkan kebutuhan biaya penanganan memperlancar saluran air dengan dibangun Tembok Penahan Tanah (TPT) atau memasang 30 pipa paralon berukuran besar serta sembako dan biaya perbaikan rumah. Wan K.

Related posts