Seiring Perkembangan Kasus Covid 19, Jumlah Pasien Dokter Umum Melonjak hingga Seratus Persen

25,278 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

dr. H. Suherman | Asron

Kota, Wartatasik.com – Semakin merajalalenya wabah virus Corona atau Coronavirus Disease 19 (Covid 19) membuat masyarakat panik. Sehingga tidak hanya masker juga sabun cuci tangan yang laku keras diserbu masyarakat, tempat tempat praktik dokter umum pun turut melonjak drastis.

Hal itu diakui dr. H. Suherman, dokter umum yang praktek di Jl. Gunungsari, Tawang, Kota Tasikmalaya. Ia mengakui ditempat praktiknya yang buka pagi dan sore hari itu tiap harinya kini selalu dipadati masyarakat yang hendak berobat.

“Ya, lonjakannya bisa mencapai seratus persen setiap harinya. Kebanyakan pasien yang ketakutan dirinya tertular virus corona itu. Berhubung ini musim pancaroba dimana musimnya sakit flu, demam juga pilek. Dan itu dikhawatirkan banyak pasien yang berobat kesini,” tuturnya kepada wartatasik.com, Kamis (19/03/2020).

Ia mengakui selalu menenangkan si pasien tersebut agar tidak panik selama dirinya (pasien) tidak memiliki riwayat pulang dari daerah atau negara yang menjadi endemis Covid 19 tersebut.

“Untuk memastikannya itu ODP atau PDP, saya tidak bisa memastikan positif negatifnya pasien tertular virus. Karena harus berdasarkan hasil tes dari lab tertentu,” katanya.

Suherman mengimbau kepada pasien pasiennya, agar jangan dulu bepergian keluar kota, ataupun keluar negeri terlebih negeri yang sudah menjadi pandemi virus tersebut.

“Apalagi kontak dengan pasien positif Covid 19 (Berada dalam satu ruangan yang sama dalam jarak 1 meter). Jika ada ciri ciri yang mengarah ke virus Corona seperti demam diatas 38 c, pilek batuk juga sesak napas segera datangi rumah sakit rujukan Covid 19,” imbuhnya.

Dirinya juga menekankan kepada pasiennya supaya terhindar dari penularan virus senantiasa berperilaku hidup bersih dengan berolahraga.

“Makan makanan yang sehat, serta selalu mencuci tangan menggunakan sabun. Tidak lupa berdoa agar terhindar dan dijauhi dari virus tersebut,” pungkasnya. Asron

Related posts