Bupati Tasik: Dekranasda Berperan Penting Kembangkan Potensi Kerajinan

 2,215 total views

Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto | Kominfo Kab.

Kabupaten, Wartatasik.com Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto melantik serta kukuhkan 33 pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kab Tasikmalaya masa bakti 2016 – 2021 dan 32 orang Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Tasikmalaya sisa masa bakti 2019-2023 di Pendopo Baru Kabupaten Tasikmalaya.

Bupati menyampaikan, gerakan pemberdayaan keluarga yang dimotori Tim Penggerak PKK memiliki peranan besar dalam pembangunan di suatu daerah, terutama dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

Menurut Bupati, jika keluarganya kuat, dapat dipastikan masyarakatnya secara keseluruhan akan kuat. Demikian juga dengan Dekranasda yang berperan penting dalam mengembangkan potensi ekonomi yang ada di Kab. Tasikmalaya seperti Kerajinan Bambu, Anyaman Pandan, Tikar Mendong, Kerajinan Kayu, Batu Onix, Golok Galonggong, Bordir, Batik dan makanan olahan.

“Saya berharap pengurus dan anggota yang telah dilantik hari ini untuk melakukan berbagai terobosan sekaligus meningkatkan kemampuan dan keterampilan para pengrajin,” ujar Bupati, Selasa lalu (25/06/2019).

Bahkan terangnya, jika memungkinkan Dekranasda harus melakukan proteksi terhadap karya pengrajin dengan terus mensosialisasikan slogan mencintai produk Kabupaten Tasikmalaya kepada seluruh Masyarakat agar produk-produk Kab. Tasikmalaya tidak menjadi tamu di daerahnya sendiri.

“Saya ucapkan selamat dan ucapan terimakasih pada TP. PKK dan Dekranasda Kab.Tasikmalaya beserta seluruh jajarannya dari tingkat Kabupaten, Kecamatan, Desa, bahkan hingga RT/RW dan Dasa Wisma atas peran dan kesediaannya membantu pemerintah dalam pembangunan daerah,” pungkasnya.

Dekranasda sendiri merupakan Organisasi Non Pemerintah sebagai mitra kerja pemerintah yang mempunyai misi melestarikan dan mengembangkan warisan budaya dibidang seni dan kerajinan melalui program kegiatan pembinaan, pelatihan dan pemasaran/promosi hasil kerajinan daerah dengan mengikutsertakan dalam berbagai event pameran baik dalam maupun luar negeri. Redi

Related posts