Kunjungi Kantor BPJS Kesehatan, PJS Bupati Kabupaten Tasikmalaya Dorong Percepatan Kepesertaan Program JKN-KIS

 6,517 total views,  2 views today

PJS Bupati Tasikmalaya dorong percepatan kepesertaan JKN KIS | ist

Tasikmalaya, Wartatasik.com – PJS Bupati Kabupaten Tasikmalaya, Dr. Hening Widiatmoko, M.A mengapresiasi langkah BPJS Kesehatan dalam memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Menurutnya, dengan sejumah manfaat yang diberikan Program JKN-KIS kepada seluruh masyarakat, jumlah kepesertaan JKN-KIS khususnya di wilayah Tasikmalaya harus terus ditingkatkan agar seluruh warga Tasikmalaya terjamin oleh Program JKN-KIS.

Hening menyebut, penyelenggaraan Program JKN-KIS khususnya di wilayah Kabupaten Tasikmalaya harus dilaksanakan program percepatan peningkatan jumlah kepesertaan. Menurutnya, dengan jumlah populasi di wilayah Kabupaten Tasikmalaya, beberapa peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) berpotensi masuk dalam kategori Penerima Bantuan Iuran (PBI).

“Berkaitan dengan kepesertaan Program JKN-KIS, nampaknya harus ada program percepatan khususnya Kabupaten Tasikmalaya. Peserta PBPU 30.000 (tiga puluh ribu) yang berpotensi memang masuk dalam kategori penerima bantuan iuran, saya akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial agar masuk dalam DTKS,” tutur Hening dalam kunjungannya ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Tasikmalaya, Kamis pekan kemarin atau pada 22 Oktober 2020.

Klik berita terkait : 
BPJS Kesehatan Perkuat Sinergitas dengan Disdukcapil Kota Tasikmalaya

Hening menyebut, dengan adanya potensi yang disebutkan, pihaknya mendorong Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya untuk melakukan upaya untuk melihat adanya potensi pemindahan status kepesertaan tersebut. Bukan hanya itu, Hening juga akan berkoordinasi dengan stakeholder lainnya untuk menuntaskan kewajibannya dengan mendaftarkan pegawainya.

“Kabupaten Tasikmalaya punya kewajiban untuk menindak mana yang kepesertaan itu dapat dibantu. Saya melihat kenaikan UMKM itu bisa lebih mandiri, dapat dicoba untuk menambah kepesertaan pada hal tersebut. Saya juga akan diskusikan kepada teman-teman di BAPPEDA, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial ini harus ada langkah agar ada pendekatan untuk segera menuntaskan kewajibannya dengan mendaftarkan pegawainya,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tasikmalaya, Agus Ramlah Hidayat menyambut hanga kunjungan dari PJS Bupati Kabupaten Tasikmalaya ini. Untuk meningkatkan jumlah kepesertaan JKN-KIS, Agus menyebut dukungan pemerintah daerah sangat berperan penting dalam Program JKN-KIS untuk mendukung pencapaian peningkatan kepesertaan melalui optimalisasi integrasi antar pemangku kepentingan, dan juga kerjasama strategis

“Upaya-upaya tersebut akan kami jalani sesuai arahan, dan kami pun akan terus memantau dan mengevaluasi secara berkala terkait langkah konkrit agar peningkatan kepesertaan khususnya Kabupaten Tasikmalaya dapat terus meningkat,” tutup Agus. Jamkesnews | Redaksi

Related posts