Apel Siaga Tanggap Bencana, Camat Sukaresik: Demi Keselamatan Bersama

 17,911 total views,  686 views today

Apel Siaga Tanggap Bencana, Camat Sukaresik: Demi Keselamatan Bersama | Wan.K

Kab, Wartatasik.com – Apel siaga tanggap bencana tingkat kecamatan Sukaresik kabupaten Tasikmalaya tahun 2020 berlangsung di GOR Desa Tanjungsari, Sabtu (21/11/2020).

Camat Sukaresik Opan Sopian, S.Pd, M.Pd, M.Si mengatakan, apel ini untuk mengantisipasi dan sebagai pedoman apabila terjadi bencana harus cepat bergerak.

Melihat situasi sekarang kata Opan, kemungkinan curah hujan bulan akhir Nopember sampai Desember. Apalagi, di wilayah kecamatan Sukaresik khususnya di Desa Tanjungsari sangat memungkinkan ada luapan air.

“Walaupun sudah biasa (luapan air) tapi alangkah baiknya kita melakukan ke siap siagaan. Jadi kader kader bencana di desa, di kecamatan kita kumpulkan, paling tidak mengingatkan bahwa bulan ini dimungkinkan ada luapan air atau mungkin angin puting beliung,” jelas Opan.

Untuk para relawan terangnya, harus dapat mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan dalam menghadapi bencana. Diantaranya kesepakatan bersama posko tanggap bencana, agar bantuan dapat tersalurkan.

“Juga mengarahkan kompetensi sikap kemampuan dan pengetahuan yang baik untuk para petugas tanggap bencana. Agar pemangku kebijakan cepat bergerak seiring informasi yang masuk. Perlu diantisipasi apabila curah hujan tinggi di bulan Desember dengan langkah langkah pengetahuan yang dimiliki,” ungkapnya.

“Bahkan Covid-19 termasuk bencana, kita harus tegas dan jangan menyerah dengan upaya pencegahan demi kemanusiaan dan keselamatan bersama,” tambah Opan.

Kapolsek Sukaresik IPTU Asep Saefullah,SH mengungkapkan, dalam tanggap giat bencana ini menghadapi musim penghujan, apa yang harus diperbuat dan yang sudah dipersiapkan sedini mungkin.

“SOP dan CB dalam pelaksanaan tugas maupun kekuatan hukum telah dipersiapkan. Pada intinya kegiatan ini untuk kesiapsiagaan atau tanggap bencana,” tegasnya.

Sementara itu, Koramil Pelda Agus Riyadi menyampaikan, pihaknya akan selalu siap membantu upaya pemerintah dalam penanganan maupun kesiapsiagaan bencana.

“Kami telah menyebar kontak koramil agar cepat dalam menerima informasi dan tanggap dalam bertindak,” pungkas Pelda Agus.

Hadir dalam giat tersebut Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Sukaresik Asep Sukirman, Ketua Gugus Tugas Covid-19 Bpk. H. Heri Kusdiana, S.Pt,M.Si, para kepala desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta relawan tanggap bencana. Wan.K

Related posts