Menteri Sosial Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si dalam acara penyaluran PKH dan BPNT di GOR Sukapura Dadaha kota Tasikmalaya, Kamis (11/04/2019) | Blade

Kota, Wartatasik.com РProgram-program bantuan sosial khususnya PKH dan BPNT sudah terbukti membantu meringankan beban masyarakat bagi keluarga pra sejahtera.

Hal itu dikatakan Menteri Sosial Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si dalam sambutannya pada acara penyaluran PKH dan BPNT di GOR Sukapura Dadaha kota Tasikmalaya, Kamis (11/04/2019)

Agus mengaku banyak laporan ke Kementerian Sosial (Kemensos) agar ada penyempurnaan terhadap operasional dilapangan, terutama berkaitan dengan segi teknologi.

Sebab terang ia, masih terdapat laporan seperti rekening kosong, atau kartu rusak, “Saya kira itu adalah hal yang minor dan sebetulnya secara mudah bisa kita cari solusinya, bisa kita cari jalan keluarnya,” ujarnya.

Ditempat sama, Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman menuturkan, Program PKH dan BNPT sangat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat kota Tasikmalaya.

“Sebab bisa terlihat bersama selama lima tahun tingkat kemiskinan kota Tasikmalaya ini tertinggi di Jawa Barat. Dulu itu di angka 19 %, tapi tahun 2017 lalu sudah turun menjadi 14,28 %,” paparnya.

Terang ia, tahun 2018 Pemkot bisa menurunkan angka kemiskinan secara signifikan sekitar 2,09 dan sekarang angka kemiskinan kota Tasikmalaya menjadi 12,71%.

Program ini kata Wali kota harus dimanfaatkan sesuai kebutuhan bisa untuk bidang Kesehatan, Pendidikan.

“Karena kota Tasik hari ini sudah 35.460 keluarga yang mendapatkan program PKH dan 46.459 keluarga menerima BPNT. Kita harapkan ini terus meningkat, “tukasnya.

Meski demikian katanya lagi, penurunan tersebut tak lepas dari dukungan pemerintah pusat melalui program PKH dan BPNT yang ikut meringankan beban kota Tasikmalaya.

Selain itu imbuhya, perkembangan PKH pada era ini dinilai signifikan, karena tidak hanya ibu menyusui dan pendidikan anak, tapi lebih dikembangkan kepada lansia dan disabilitas,” imbuhnya.

Nampak hadir dalam Kunjungan Mensos tersebut Anggota DPR RI kota/kabupaten Tasikmalaya Ferdiansah, wakil Wali Kota Tasikmalaya, Kementerian Sosial eselon I eselon II, Polri/TNI, pimpinan bank BNI, dan para ibu-ibu penerima PKH se kota Tasikmalaya perwakilan dari tiap kecamatan. Blade.