Cegah Penularan, Puskesmas Cihaurbeuti Sosialisasikan HIV Aids ke Masyarakat

 34,270 total views,  2 views today

Nampak suasana Sosialisasi HIV Adis | Wan.K

Ciamis, Wartatasik.com – Sosialisasikan penanggulangan pencegahan HIV Aids berlangsung di Dusun Jengkolpandak Desa/Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis, Sabtu (18/01/2020).

Acara ini digagas oleh UPTD Puskesmas Cihaurbeuti yang bekerjasama dengan Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat (PIKM), Karang Taruna Kecamatan Cihaurbeuti dan Pelaksana Program Keluarga Harapan (PPKH) Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis.

Ketua PIKM Yosep Mardian.,S.Hum.M.Pd mengatakan, selain sosialisasi tujuan acara ini untuk pemetaan populasi masyarakat beresiko tinggi (penderita HIV Aids) kepada para Kader PKK, Karang Taruna dan peserta PKH yang ada di wilayah kerja Puskesmas Cihaurbeuti.

“Ya, agar senantiasa mengetahui dan memahami serta menjaga supaya penyebaran HIV Aids tidak menyebar luar ke masyarakat,” ucapnya.

Yosep mengingatkan, masyarakat agar senantiasa menjaga diri dan membatasi pergaulan di tempat-tempat keramaian yang bisa menimbulkan virus HIV.

“Karena sosialisasi dan pencegahan HIV Aids merupakan tanggung jawab bersama,” ungkapnya.

Sementara itu, perwakilan UPTD Puskesmas Cihaurbeuti Hj Ida menuturkan, program ini sebagai salah satu bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah, khususnya Dinas Kesehatan Kab Ciamis dalam penanganan penyakit yang ada di masyarakat berkenaan dengan HIV Aids.

Program ini terang Hj Ida, bekerjasama dengan semua organisasi seperti Karang Taruna Kecamatan Cihaurbeuti, peserta PKH, kader PKK dan LSM yang konsen menangani Orang Dengan HIV Aids (ODHA).

“Kami berupaya meminimalisir penyakit HIV Aids dengan mensosialisasikan program, pemetaan program dan mengaplikasikan program dengan dibawa atau dirujuk ke fasilitas kesehatan yang menangani program HIV Aids tersebut,” pungkasnya. Wan.K

Related posts