Ciloseh Meluap Banjiri Sejumlah Kawasan di Cipedes, Warga Tuntut BBWS Citanduy Bertanggungjawab

 51,550 total views

Ciloseh Meluap Banjiri Sejumlah Kawasan di Cipedes, Warga Tuntut BBWS Citanduy Bertanggungjawab | Ist

Kota, Wartatasik.comHujan deras yang terjadi pada Sabtu malam di Kota Tasikmalaya menimbulkan meluapnya air sungai Ciloseh di bendungan Cimulu hingga menyebabkan banjir di wilayah Kec Cipedes Kel Panglayungan tepatnya di RT 01 RW 01.

Hal ini diakui Ketua RT, Jajang kepada wartawan. Ia mengatakan akibat dari meluapnya air di bendungan Cimulu tersebut dikarenakan sedimentasi yang sudah tinggi.

“Dan dibiarkan tanpa adanya perhatian dari BBWS Citanduy sehingga ketika curah hujan tinggi ruang air sedikit sehingga meluap dan menimbulkan banjir ke pemukiman warga sekitar,” ucapnya, Minggu (28/03/2021)

Ditambahkan salah seorang warga yang mendampingi ketua RT, Asep Kustiana yang juga selaku Wakil Ketua 2 PC PMII Kota Tasikmalaya. Ia mengatakan, seharusnya BBWS Citanduy yang bertanggung jawab dalam pemeliharaan sungai segera melakukan pengerukan sedimentasi yang sudah dangkal.

“Agar tidak terulang kembali kejadian luapan air ketika terjadi curah hujan yang tinggi tidak menimbulkan banjir yang berdampak pada warga sekitar,” tegasnya.

Tidak hanya itu, katanya, akibat dari sedimentasi yang dangkal juga dapat menimbulkan penumpukan sampah yang akibatnya menimbulkan bau tak sedap terhadap warga sekitar.

“Selain banjir pendangkalan sungai itu juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit DBD,” tegasnya. Asron

Related posts