Destinasi Menarik, Ini Dia Wisata Bukit Panyangrayan dan Bukit Calenang Sukaraja

 99,775 total views

Destinasi Menarik, Ini Dia Wisata Bukit Panyangrayan dan Bukit Calenang Sukaraja | Awen

Kabupaten, Wartatasik.com – Gowes bareng (Gobar) Perumnas Kota Baru Kencana dan Halim menuju destinasti wisata di Perhutani Kp. Sadaukir RT 30 RW 09 Desa Sukapura Kec Sukaraja Kab Tasikmalaya.

Walaupun cuaca mendung, tidak menyurutkan para penghobi sepeda ini untuk menapaki bukit Panyangrayan dan bukit Calenang, apalagi rutenya sangat mudah dilalui, karena akses jalan menuju bukit ini sudah di hotmix.

Kasepuhan bukit Panyangyaran Dadang menceritakan asal usulnya penamaan bukit, ia menerangkan, dalam bahasa Sunda itu adalah penggorengan atau tempat Nyangray. Sedangkan Bukit Cenang dimana dahulunya warga dibukit ini banyak yang terjangkit penyakit kulit yaitu penyakit “Cenang”.

“Ya, dan untuk mengobatinya warga tersebut dibawa kebukit Panyangrayan untuk diberi obat tradisonal, namun sebelum obat itu di oleskan ke penderita obat tersebut disangray dahulu,” ucap Dadang, Minggu (12/09/2021).

Ia mengajak masyarakat agar sadar akan potensi wisata lokal dan berharap intansi terkait untuk bersama sama menjaga dan merawatnya supaya bukit Panyangrayan ini bisa menjadi tempat wisata andalan khususnya di Kabupaten Tasikmalaya.

Salah seorang rombongan Gobar yang juga ketua TTD Nur Apandi (Galista) menerangkan, semula bukit yang sekelilingnya ditanami pohon pepaya California adalah hasil dari modal tenaga dan keinginan yang kuat beserta teman-temannya sehingga membuahkan hasil.

“Dalam perjalanan prosesnya hal yang sangat wajar terjadi pro dan kontra, tapi dengan rasa optimis, semangat sekuat tenaga sehingga membuahkan hasil,” ungkap Galista.

Untuk diketahui, pada tanggal 14 November 2019 bukit tersebut diresmikan menjadi tempat wisata oleh Rektor Universitas Perjuangan (UNPER) Kota Tasikmalaya beseta kumpulan masyarakat sadar wisata, mapala Parahita Unper, Kepala Desa Sukapura, Camat Sukaraja, Padepokan Pusaka Sukapura dan LMD.

Alhasil, selama dua tahun ini Kasepuhan Bukit Panyangyaran Dadang beserta rekan-rekannya terus menata jalan menuju spot photo, gazebo, mushola dan MCK yang biayanya diperoleh dari hasil penjualan tiket.

Adapun, hasil pemantauan salah satu kaki bukit ini sudah ada kolam renang dan sekaligus memberdayakan masyarakat sekitar, sehingga perekonomian masyarakat sekitar meningkat dan berkesinambungan. Awen.

Related posts