Dinilai Tak Populer, Situs Lingga Yoni di Indihiang Luput Dikunjungi Masyarakat

 5,423 total views

Tak ada sosialisasi dari Instansi terkait, Situs Lingga Yoni pun luput dikunjungi masyarakat | Dokpri

Kota, Wartatasik.com – Situs Lingga Yoni yang terletak di Gunung Kabuyutan Sukamaju Kidul Kecamatan indihiang merupakan situs purbakala yang ada di kota Tasikmalaya.

Namun karena kurang populer, keberadaannya belum begitu dikenal sehingga luput dikunjungi masyarakat luas terutama dikalangan pelajar.

Hal ini dikemukakan Ketua TTD (Tasik Tempoe Dulu) Hendar Cunay setelah berbincang dengan Juru Kunci Pemelihara (Jukpel) kang Rusli dan teh Henti Nopiyanti sekaligus ahli waris gunung tersebut, Selasa (03/09/2019).

“Menurut para Jukpel, TTD sangat menyayangkan sekali karena kurang optimal, bahkan bisa dikatakan tak ada sama sekali sosialisasi tentang keberadaan situs tersebut kepada pelajar,” ucap Hendar.

“Itu bisa dilihat dan dibuktikan pada tahun sekarang, belum pernah ada kujungan dalam pelajar,” tuturnya.

Kata Hendar, Dinas Parawisata dan Dinas Pendidikan itu bisa bekerjasama untuk mengenalkan situs tersebut kepada pelajar.

Sebab, disamping biayanya murah siswa pun akan tahu sejarah daerahnya sendiri, daripada meski jauh jauh (kunjungi situs luar kota Tasikmalaya).

“Bisakan Dinas Parawisata dan Dinas Pendidikan mengirim surat kepada pihak sekolah agar mengadakan wisata sejarah ke situs tersebut,” pungkasnya. Awen.

Related posts