Dongkrak Ekonomi Masyarakat, Ketua GMBI Distrik Kota Tasik sebagai Pembina Poktan Wirabuana Cibeuti Sukses Gali Potensi Tani

 217,775 total views

Dongkrak Ekonomi Masyarakat, Poktan Wirabuana Cibeuti Sukses Gali Potensi Tani | Asron

Kota, Wartatasik.com – Eksistensi Kelompok Wirabuana Jl Raya Cibeuti, Kawalu – Kota Tasikmalaya dinilai mampu mendongkrak ekonomi masyarakat setempat, khususnya para petani.

Ketua GMBI Distrik Kota Tasikmalaya selaku Pembina Kelompok Wirabuana Dede Sukmajaya menjelaskan, kelompoknya itu sudah beridiri sejak awal tahun 2007 dan saat itu dirinya sebagai ketua.

“Kelompok Wirabuana bergerak di bidang pertanian, kehutanan, perkebunan, pengairan dan lainnya,” terang Dede, Sabtu (30/07/2022).

Dede mengatakan, kelompok kecil didalamnya seperti budidaya ikan dari Pokdanan Mina Wirabuana yang sudah terintegritasi.

“Selain itu, kami juga ada kelompok peternakan juga holtikultura dan saya hadir sebagai pembina tiga kelompok ini,” terang Dede

Kelompok Wirabuana kata dia, sudah budidaya ikan koi, sudah tanam benih beberapa ribu jenis dan ada juga ikan biasa seperti ikan mas lokal dan nila.

“Ikan koi khusus orang tertentu, kita fokus juga budidaya kualitas impor. Sekarang masih ukuran 7 sampai 10 cm, nanti bisa dijual jika besaran 15 sampai 20 cm, kita kejar target ukuran tersebut, agar bisa jual,” paparnya

Kelompok Wirabuana juga ternak domba tangkas juga nantinya domba sayur atau pasar. Tapi, harus ada pemberdayaan ke peternak, agar mereka bisa sejahtera dalam meningkatkan ekonomi di masyarakat.

“Bahkan kami juga fokus holtikultura, lebih ke mengolah bidang tanaman. Nah kalau yang ini sudah berjalan baik dan lancar sehingga sudah menghasilkan yang memuaskan. Ya, semoga saja adanya Kelompok Wirabuana ini menjadi pemicu kesejahteran masyarakat,” pungkas Dede. Asron

Related posts