Gebyar Festival Akhir Tahun Karang Taruna Cihaurbeuti Diwacanakan Digelar Tiap Tahun

 590 total views,  4 views today

Camat Cihaurbeuti saat sambutan | Wan.K

Ciamis, Wartatasik.com – Biasanya saat momen tahun baru, masyarakat terpusat di alun alun Ciamis. Untuk memecah titik keramaian, Gebyar Festival Akhir Tahun 2019 dinilai mampu mengurai animo saat perhelatan akhir tahun.

Hal itu dikatakan Camat Cihaurbeuti Drs H Erwin Hermawan dalam sambutan peresmian Gebyar Festival Akhir Tahun yang digagas Karang Taruna Cihaurbeuti, Senin (30/12/2019).

Erwin mengaku, pihaknya bersama Karang Taruna dan semua kepala desa sepakat mengadakan Gebyar Festival Akhir Tahun dengan tujuan supaya kawasan P2b ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian Kec Cihaurbeuti khususnya Desa Cihaurbeuti.

Erwin mengajak seluruh elemen di wilayah Cihaurbeuti agar mindsetnya jangan dulu berfikir uang, tapi mari bersama sama agar kegiatan Gebyar Festival ini terus berjalan sehingga menjadi agenda tahunan.

“Mudah mudahan awal dari kegiatan ini dapat dilaksanakan satu tahun sekali bahkan dalam satu tahun bisa dua kali atau empat kali digelar,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kab Ciamis

Iing Ahmad Rifai mengungkapkan, secara tak langsung Gebyar Festival Akhir Tahun ini sudah mendukung program pemerintah pusat provinsi, maupun daerah.

Plt Kadispora Kab Ciamis saat mencicipi salah satu sajian dalam gebyar festival akhir tahun Cihaurbeuti | Wan.K

Menurut Iing, kegiatan Karang Taruna Kec Cihaurbeuti ini sangat mendukung dengan lahirnya Undang Undang No 5 tahun 2017 tentang kemajuan kebudayaan.

“Apalagi janji Bupati No 4 tentang menggali mengembangkan potensi budaya lokal, mulai undang undangnya sangat nyambung dengan kegiatan ini,” paparnya.

Iing menyebut, mungkin ada dinas terkait yang mendukung tentang ide kuliner makanan yang berada di Kecamatan Cihaurbeuti yang asli dari suguhan tiap desa.

“Ya, seperti makanan dari mantang, kopi asli olahan Gunung Sawal desa Sukamaju dan segala macam kuliner dari berbagai makanan kreaktif lainnya yang harus mendapat binaan oleh pemerintah untuk pengembangan terutama dalam segi pemasaran,” ungkapnya.

Kegiatan seperti ini kata Iing, dapat membuka pikiran bahwa ternyata peluang itu banyak, sehingga masyarakat termotivasi mengembangkan potensinya ditiap bidang.

“Kami sudah wacanakan kegiatan ini bisa digelar tiap tahun. Saya ucapkan terimakasih kepada kepengurusan Karang Taruna Kec Cihaurbeuti yang baru. Sebagai tanda terima kasih, kami akan informasikan ke tiap kecamatan dan akan dijadikan contoh bagi kecamatan yang berada di Kabupaten Ciamis,” pungkasnya. Wan.K

Related posts