Gelar Musrenbang TA 2021, Lurah Cibunigeulis Ingin Usulan Merata Terakomodir Tapi Skala Prioritas

 4,399 total views,  2 views today

Lurah Cibunigeulis, Nuryamin S.Sos | Redi

Kota, Wartatasik.com – Musyawarah Rencana Pembangunan (Murenbang) tingkat Kelurahan Cibunigeulis Kec Bungursari Kota Tasikmalaya usai digelar. Para perwakilan tiap RW sudah mengusulkan setiap program yang diajukan agar terealisasi dalam Dana Kelurahan (DK) Tahun Anggaran (TA) 2021.

Lurah Cibunigeulis Nuryamin S.Sos mengatakan, secara kesepakatan usulan sudah masuk yaitu 23 titik dari sembilan RW yang terdapat di Kelurahan Cibunigeulis. Namun terangnya, pembangunan yang diusulkan harus yang sifatnya prioritas dulu karena kemampuan anggaran yang terbatas.

“Kami ingin semua usulan terakomodir, tentunya dengan skala prioritas karena anggaran terbatas. Nanti kalau ada usulan lain yang tak terkoper bisa menyusul di tahun mendatang,” ungkapnya saat ditemui usai Musrenbang di GOR Kelurahan Cibunigeulis, Rabu (22/01/2020).

Dituturkan Nuryamin, Kelurahan Cibunigeulis direncanakan akan menjadi kawasan Minapolitan, sehingga masuk juga dalam satu prioritas DK dibidang pemberdayaan petani perikanan. Ia pun meminta dukungan RT RW agar para petani bisa diberdayakan mengembangkan potensi dibidang perikanan untuk kesejahteraannya.

Sebelum pelaksanaan Musrenbang, Epul Mudzakir selaku Ketua RW 01 Kelurahan Cibunigeulis ingin sekali ada pemerataan realisasi pengajuan untuk DK. Ia juga memberi masukan agar transparasi menggunakan DK dengan memampangkan dokumentasi kegiatan yang dipasang di kelurahan.

RW 01 Kel Cibungeulis Epul Mudzakir | Redi

“Idealnya setelah pekerjaan, laporan beres dan dokumentasi dipampang agar masyarakat tahu lokasi yang udah dibangun itu dimana. Semoga DK tahun 2020 juga seperti itu,” ucapnya.

Menanggapi itu, Nuryamin menyebut, jika tak paham pasti siapapun juga menyangka DK tidak merata. Padahal lanjutnya, DK itu memiliki keterbatasan anggaran, yang intinya mengedepankan skala prioritas.

Adapun terkait dokumentasi hasil pekerjaan DK tahun lalu, semua ada di Kelompok Masyarakat (Pokmas) namun belum diserahkan ke Kelurahan.

“Di Cibunigeulis ini kawasan banyak gunung yang rawan longsor sehingga menjadi prioritas. Jadi realisasi usulan tiap RW ada yang gemuk dan kurus. Bisa dilanjut usulannya di tahun mendatang. Tak ada RW yang tak diperhatikan. Semoga DK ini bisa dimanfaatkan oleh warga Cibunigeulis,” tandasnya. Redi.

Related posts