Gelar Pusling, Puskemas Sukahening Layani Kesehatan Langsung ke Masyarakat

 4,029 total views

Nampak masyarakat sekitar diberikannya pemahaman tentang kesehatan | Dokpri

Kab, Wartatasik.com – Program kegiatan puskesmas keliling (pusling) sebagai upaya pemerataan pelayanan kesehatan serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara utuh dan lengkap.

Seperti halnya Puskesmas Sukahening Kab Tasikmalaya yang dor to dor memberikan pelayanan kesehatan menyisir wilayah kampung dan kedusunan dengan melibatkan beberapa petugas medis.

Kepala Puskeamas Sukahening H. Aep Saripudin SKM. M.Si. mengatakan, pihaknya secara  langsung mengunjungi masyarakat oleh tim kesehatan atau petugas  kesehatan.

“Sasarannya itu individu, keluarga dan masyarakat baik yang sehat  atausakit di suatu wilayah yang memerlukan pelayanan khusus,” ujarnya, Kamis (19/09/2019).

Diterangkan Aep, pelayanan langsung yang diberikan berupa pemeriksaan umum, Ibu Hamil (Bumil), balita, lanjut usia, konseling pendidikan, kesehatan, lab, inspeksi kesehatan lingkungan.

“Ada juga pelacakan kasus penyakit khusus, layad rawat (home care) dan screniing PTM Hypertensi serta DM” pungkasnya.

Adapun petugas yang terlibat dalam pusling ini diantaranya Koordinator Pembina Desa, Pembina Desa, Tenaga Medis dokter, bidan, perawat.

Selanjutnya petugas kesling, gizi, surveillance TB-Kusta, lab, farmasi, promkes, PTM dan perkesmas. Wan.K.

Related posts