Jelang Ramadhan, Bani Mama KH A Syukur Bersih-bersih Kompleks Makam Keluarga Besar

 200,940 total views

Kegiatan kerja bakti Bani Mama KH A Syukur bersih bersih kompleks makam keluarga besar | Asron

Kota, Wartatasik.comMenjadi rutinitas setiap menjelang ramadhan, keluarga besar Bani Mama KH A. Syukur melaksanakan kerja bakti bersih-bersih kompleks makam keluarga yang bertempat di Gunung Dangdeur, Paseh Babakan Baru, Tuguraja, Cihideung Kota Tasikmalaya.

Kegiatan tersebut diikuti antusias anak anak, cucu, cicit KH A Syukur yang merupakan salah seorang tokoh alim ulama di Tasikmalaya yang juga cucu dari Imam Besar Dunia Syeikh Nawawi Al Bantani.

Ditemui dilokasi, Ketua Pelaksana Kegiatan, Wawan Setiawan, S.Pd.I., yang didampingi sesepuh keluarga lainnya, H Agus Mulyana dan Ust Mabruri, mengatakan tujuan kegiatan bersih-bersih area makam keluarga ini rutin digelar tiap tahunnya guna memupuk jalinan silaturahmi antar keluarga besar.

 

Simak videonya:

 

“Sehingga kita selaku cucu dan cicit Mama KH A Syukur tidak Pareumeun Obor (putus silaturahmi) satu sama lainnya. Alhamdulillah, semua makam yang ada disini bersih dari rerumputan dan sampah, makam yang  rusak sebisa mungkin kita perbaiki,” ujarnya, Minggu (11/04/2021).

Bersih-bersih area makam tersebut, lanjut Wawan, merupakan salah-satu kegiatan rutin dari sekian agenda lainnya. Diantaranya, Silaturahmi Akbar, Munggahan juga Nadzran, dan Ziarah ke makam setiap tanggal 1 Syawal usai sholat ied.

“Jangka panjang, rencananya kami akan membeli tanah untuk wakaf pemakaman, mengingat kapasitas tanah untuk pemakaman saat ini sudah hampir padat. Mudah-mudahan secepatnya terealisaasi,” ucap Wawan.

Wawan berharap dengan sejumlah agenda rutin yang dimiliki keluarga besar bani KH A Syukur ini senantiasa menjaga dan menjalin rasa kekeluargaan antar keluarga yang lainnya, “Dan semoga Alloh SWT selalu melimpahkan keberkahan kepada kami semua, Aamiin,” tandasnya. Asron

Related posts