Kawasan P2b Cihaurbeuti akan Dijadikan Pintu Gerbang Ciamis

197 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Selain pintu gerbang Ciamis, P2b juga Selain itu, P2b juga sekaligus dijadikan etalase dan stasiun wisata bagi Kawasan Ciamis, khususnya bagian utara oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Cihaurbeuti | Wan.K

Ciamis, Wartatasik.com – Kawasan Pusat Pemasaran Bersama (P2b) yang beralokasi di Desa Cihaurbeuti Kecamatan Cihaurbeuti tengah dipersiapkan menjadi pintu gerbang kabupaten Ciamis.

Selain itu, P2b juga sekaligus dijadikan etalase dan stasiun wisata bagi Kawasan Ciamis, khususnya bagian utara oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Cihaurbeuti.

Pjs Kepala Desa Cihaurbeuti Muhlaso Dian Adinata merasa kagum dan bangga, sebab desanya itu kini mempunyai kawasan P2b yang saat ini sedang berjalan.

“Ini sebagai wujud keseriusan agenda Pemdes Cihaurbeuti yang tengah dipersiapkanuntuk konsep perencanaan kawasan P2b,” ucapnya Sabtu (07/12/2019).

Diterangkan Muhlaso, bilamana kawasan tersebut ditata dan dikembangkan, kedepannya lebih menonjol untuk dijadikan sebagai pintu gerbang Kabupaten Ciamis.

“Rencana di tahun 2020, saya beserta perangkat desa dan pihak Bumdes akan memfokuskan penataan kawasan demi tercapainya optimalisasi pengembangan P2b,” jelasnya.

Sejalan dengan pernyataan tersebut, Aat Suwanto Ketua Gendral Menejer Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Cihaurbeuti menyatakan, bahwa tengah diusulkan kepada para stakeholder desa di tahun 2020 akan dilakukan pembuatan studi kelayakan usaha.

Pjs Kepala Desa Cihaurbeuti Muhlaso Dian Adinata | Wan.K

Juga tambahnya, perencanaan siteplan sekaligus DED, hingga rencana taktis tahunan pemberdayaan masyarakat dan kerjasama kelembagaan demi optimalisasi P2b.

“Ini semua, demi menjamin agar penataan dan pengelolaan P2b kedepan benar-benar memiliki semacam buku panduan sehingga siapapun dapat menjalankan atau mengawasi kegiatan penataan dan pengelolaan P2B secara terencana dan objektif,” paparnya.

Aat ingin P2b melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui industri kreatif, agro yang diharapkan rencana sebelumnya bahwa kawasan P2b tersebut akan dijadikan tempat sebagai pemasaran benar-benar cepat terealisasi.

“Disini, maka peran lembaga masyarakat seperti Karangtaruna, PKK, LPM dan lain sebagainya selaku lembaga pembinaan keberdayaan masyarakat dapat benar-benar ikut pula dioptimalkan,” ujarnya.

Aat mengingatkan, kemanfaatan dari rencana ini tak hanya akan mengangkat jalanya perokonomian masyarakat, namun juga untuk penambahan Pendapatan Asli Desa (PADes) Cihaurbeuti bahkan PAD Kabupaten Ciamis.

“Rencana ini bukan semata rencana Bumdes atau Pemdes Cihaurbeuti semata, tapi mesti menjadi rencana semua pihak,” pungkasnya. Wan.K

Related posts