Kelompok 64 KKN Tematik MBKM UPNVJT Gelar Penyuluhan untuk Optimalisasi Skema Wisata di Kelurahan Kedung Cowek

 71,280 total views

Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 64 bersama Peserta Penyuluhan | dokpri

Surabaya, Wartatasik.comKelompok 64 KKN Tematik MBKM UPN Jawa Timur mengadakan penyuluhan bertemakan “Pengembangan Konsep Desa Wisata Serta Upaya Membangkitkan Industri Pariwisata” yang bertempat di Kantor Kelurahan Kedung Cowek.

Penyuluhan ini ditargetkan untuk warga setempat serta lembaga lembaga yang terlibat di kalangan masyarakat seperti perangkat kelurahan, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), perwakilan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Cibuyam, serta ketua RT/RW di Kedung Cowek. Penyuluhan konsep desa wisata ini dilaksanakan pada 20 Mei 2022 secara hybrid.

Adapun tujuan pengadaan penyuluhan konsep desa wisata ini adalah sebagai salah satu upaya mengubah pola pikir masyarakat setempat terkait dengan pengembangan wisata lokal.

Selain itu penyuluhan ini merupakan upaya untuk memberi insight untuk membangkitkan pariwisata di Kedung Cowek.

Penyuluhan ini juga berfungsi sebagai penjembatan permasalahan di masyarakat dengan alternatif dan rekomendasi solusi oleh akademisi.

Menghadirkan narasumber dengan bidang kompetensi pariwisata, Rangga Restu Prayogo, S.AB., M.Si yang merupakan dosen Universitas Negeri Medan, acara ini berlangsung kurang lebih 2 jam.

Dokumentasi kegiatan penyuluhan konsep desa wisata di Kedung Cowek | dokpri

Adapun beberapa sub materi yang disampaikan oleh narasumber adalah mengenai potensi desa wisata,  prinsip pengembangan desa wisata, hambatan pengembangan desa wisata, tahapan pembentukan dan pembangunan desa wisata, upaya mendorong desa wisata berkelanjutan serta Sapta Pesona (Keamanan, Ketertiban, Kebersihan, Kesejukan, Keindahan, Keramah-tamahan, Kenangan). Penyampaikan materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Walaupun belum memenuhi dari target jumlah sasaran awal, namun antusiasme ditunjukkan oleh pihak kelurahan dengan menyemaikan harapan bahwa penyuluhan ini merupakan pintu pembuka bagi warga untuk dapat meningkat kesadarannya. Menyikapi ini, kelompok KKN 64 terus berkomitmen untuk merangkul masyarakat dan senantiasa bersinergi untuk mengembangkan potensi wisata serta membangkitkan industri pariwisata di Kedung Cowek.**

DPL: Roziana Febrianita, S.Sos., M.A.
Penulis: Fibra Zelviana.

Related posts