Kerjasama dengan Pemkab Ciamis, Karang Taruna Cihaurbeuti Gelar Pelatihan Keorganisasian

 42,194 total views,  2 views today

Pelatihan ini hasil kerjasama dengan karang taruna kabupaten dan pemerintah Kabupaten Ciamis | Wan.K

Ciamis, Wartatasik.com – Karang Taruna Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis usai menggelar kegiatan pelatihan keorganisasian di aula desa kecamatan.

Pelatihan ini hasil kerjasama dengan karang taruna kabupaten dan pemerintah Kabupaten Ciamis yang diwakili bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kabupaten Ciamis.

Dalam sambutannya, Kasubag Kesra Setda Kabupaten Ciamis Ade Ruhiat, SH., MM mengatakan, pelatihan ini memberikan dampak positif yang bagus bagi Karang Taruna Kecamatan Cihaurbeuti.

“Pelatihan ini merupakan program awal yang dilakukan pemerintah daerah dalam pembinaan organisasi kepemudaan yang ada di Kabupaten Ciamis dengan harapan bisa memberikan dasar dan penguatan organisasi Karang Taruna Kecamatan Cihaurbeuti,” ungkapnya, Kamis (30/01/2020).

Menurut Ade, alasan memilih Karang Taruna Kecamatan Cihaurbeuti yang pertama diberi program ini karena melihat potensi yang dimiliki relatif potensial untuk dikembangkan diantaranya potensi sumber daya manusia, wilayah dan kultur masyarakatnya yang relatif dinamis.

“Mudah-mudahan program lain yang bisa menunjang pengembangan Karang Taruna Cihaurbeuti bisa sinergis dengan pemerintah daerah dan bisa disuport sesuai dengan program yang ada di Kabupaten Ciamis,” harapnya.

Ditempat sama Camat Cihaurbeuti Drs H Erwin Hermawan menuturkan, bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Karang Taruna.

Kata Erwin, kegiatan ini sangat bagus sekali dalam memberikan dasar, pembinaan dan penguatan keorganisasian karang taruna, sehingga mereka bisa berdaya dan memecahkan permasalahan sosial yang ada terutama di Kecamatan Cihaurbeuti.

“Semoga kegiatan ini bisa terus berjalan sampai tingkat desa, sehingga posisi Karang Taruna Kecamatan menjadi kuat sebagai wadah pembinaan para pemuda desa yang ingin bangkit dan mensejahterakan masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Danramil Cihaurbeuti 1305 Mayor Inf M. Junaedi S.IP mengapresiasi pelatihan karang taruna sebagai langkah positif dalam pembinaan, pemahaman dan penyadaran patriotisme bagi generasi muda.

Tambah Danramil, banyak sekali hal yang bisa dilakukan oleh karang taruna yang ada di Kecamatan Cihaurbeuti. Potensi alamnya melimpah ruah dan belum digali secara optimal.

“Mudah-mudahan Karang Taruna Kecamatan Cihaurbeuti bisa menjadi pendobrak untuk pengembangan potensi yang ada,” imbuhnya.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Cihaurbeuti Yosep Mardiana, S. Hum., M.Pd saat disambangi wartatasik menyebut, kegiatan ini merupakan hasil kinerja bersama antara pengurus karang taruna, pemerintahan desa, kecamatan dan Kabupaten Ciamis

Yosep mengaku menghadirkan beberapa stakeholder dari berbagai pihak dengan harapan bisa memberikan pemahaman, penyamaan persepsi, langkah, semangat dan tekad bersama terkait tugas, fungsi, kedudukan, posisi dan program kerja karang taruna yang ada di Kecamatan Cihaurbeuti.

“Banyak sekali permasalahan-permasalahan yang harus dihadapi oleh Karang Taruna Kecamatan Cihaurbeuti dan ini menjadi langkah awal untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut sekaligus sebagai ajang silaturahim, komunikasi, koordinasi, mediasi, konsultasi dan kolaborasi dalam memajukan organisasi Karang Taruna Kecamatan Cihaurbeuti,” tandasnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 150 orang yang berasal dari berbagai steakholder terkait, mulai dari anggota dan pengurus karang taruna tingkat desa dan kecamatan, pemdes, kecamatan dan Kabupaten Ciamis, Kapolsek Cihaurbeuti, Danramil Cihaurbeuti, Kasi Pelayanan Desa se-Kecamatan Cihaurbeuti.

Selanjutnya, Ketua BPD Desa se -Kecamatan Cihaurbeuti, Ketua Bumdes se-Kecamatan Cihaurbeuti, Pendamping Desa se-Kecamatan Cihaurbeuti, perwakilan siswa SLTP & SLTA yang ada di Kecamatan Cihaurbeuti, Ormas, LSM dan Ipemi. Wan.K

Related posts