Melonjak Drastis, Dinkes Kota Tasik Masif Laksanakan Tes PCR Bagi Warga

 13,812 total views,  2 views today

Melonjak Drastis, Dinkes Kota Tasik Masif Laksanakan Tes PCR Bagi Warga | Suslia

Kota, Wartatasik.com – Upaya Pemerintah Kota Tasikmalaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona terus dilakukan. Telebih jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid 19 di kota santri ini melonjak drastis.

Diantaranya, masif melaksanakan pemeriksaan tes PCR bagi warga yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya terlebih bagi masyarakat yang pernah kontak erat dengan pasien positif Covid 19.

Hal tersebut dikatakan, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasikmalaya dr. Uus Supangat kepada wartatasik.com. Ia menambahkan peningkatan yang sangat signifikan kasus positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya semakin memprihatinkan.

“Sehingga perlu diantisipasi secepatnya dengan melakukan tes swab secara masif, mereka yang masuk daftar tracking, pernah kontak erat dan kontak dekat dengan pasien positif Covid 19,” ucapnya, Minggu (11/10/2020)

Tidak hanya itu lanjut Uus, warga yang mengalami gejala seperti Corona harus secepatnya dilakukan tes swab, “Pemeriksaan ini sangat diperlukan, untuk mengetahui apakah mereka terpapar ataukah tidak,” ungkapnya.

Jika terpapar katanya, dapat dilakukan penanganan secepatnya agar tidak menularkan ke orang lain, “Mereka yang terlihat sehat, kuat dan bugar tanpa menunjukkan tanda-tanda batuk-batuk, panas, sesak napas dan atau lainnya belum tentu terbebas dari virus Corona,” tegas Uus.

Ia menegaskan bahwa tes swab Covid 19 untuk masyarakat Kota Tasikmalaya secara masif akan terus dilakukan, mengingat penyebaran virus corona.

“Kita targetkan sampai akhir tahun ini, 10 ribu masyarakat Kota Tasikmalaya yang akan dites swab, sehingga target kita untuk menurunkan angka kesakitan Covid 19 juga dapat tercapai,” pungkasnya. Suslia

 

 

Related posts