Meski Sempat Refocusing Akibat Pandemi, DPRKP Kab Tasik Bangun Sejumlah Air Bersih dan Sanitasi

 4,892 total views,  2 views today

DAK refocusing dari pusat yaitu air bersih untuk 10 desa dan sanitasi 10 desa di Kabupaten Tasikmalaya | Asron

Kab, Wartatasik.com – Persoalan pemenuhan sanitasi dan air bersih di Indonesia terus jadi sorotan. Berbagai pencapaian terkait sanitasi yang menjadi bagian dari 17 tujuan besar dalam Sustainable Development Goals (SDGs).

Tapi ternyata masih menyisakan berbagai pekerjaan rumah besar bagi pemerintah, baik pusat maupun daerah. Lantaran itu, pemerintah terus mengalokasikan anggaran meski ditengah wabah Covid 19.

Tahun ini, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kab Tasikmalaya tengah siap progam air bersih dan sanitasi di tiap desa yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2020.

Kasi Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Bidang Kawasan Permukiman DPRKP Kab Tasikmalaya Didi Efendi mengatakan, harusnya program ini awal tahun karena pengajuannya awal tahun 2019.

Tapi terang Didi, karena munculnya wabah pandemi Covid 19, jadi sementara ada refocusing anggaran. Pihaknya pun menunggu keputusan pusat dan setalah jawaban muncul, ternyata ada kegiatan terkait air bersih dan sanitasi.

“Mungkin pertimbangan dari pusat, karena kegiatan yang dilakukan oleh swakelola masyarakat atau langsung dikelola masyarakat diharapkan bisa memulihkan ekonomi di masyarakat,” ucap Didi, Kamis (17/09/2020).

Adapun tambahnya, penugasan kegiatan DAK refocusing dari pusat yaitu air bersih untuk 10 desa dan sanitasi 10 desa. “Target, mudah mudahan minggu depan fisiknya mulai dikerjakan,” pungkasnya. Asron.

Related posts