Mobil Elf Nyaris Tertimbun, Tebing Setinggi 50 Meter di Salopa Longsor Putus Jalan Provinsi

 64,463 total views

Mobil Elf Nyaris Tertimbun, Tebing Setinggi 50 Meter di Salopa Longsor Putus Jalan Provinsi | Ndhie

Tasikmalaya, Wartatasik.com – Sebuah mobil elf terseret longsoran tebing di Salopa, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (10/08/2022). Tebing setinggi 50 meter itu longsor menimpa jalan provinsi dan nyaris menutup mobil elf yang melintas.

Bencana tebing longsor itu tepatnya terjadi di Jalan Raya Salopa – Cikatomas, Desa Mandalahayu, Kecamatan Salopa, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Beruntung, semua penumpang mobil elf yang datang dari arah Tasik menuju Cikatomas itu selamat lantaran penumpangnya langsung menyelamatkan diri.

Namun akibat bencana longsor tersebut, akses utama Salopa menuju Cikatomas, Pancatengah, Cikalong menjadi tertutup.

Tak sedikit pengendara roda dua dan empat putar balik. Tapi ada juga yang lebih memilih menunggu material longsoran dibersihkan oleh petugas gabungan dari BPBD, Tagana, Polisi, TNI dan warga setempat.

Sementara itu, mobil elf yang membawa 10 orang penumpang itu terseret material longsor hingga nyaris ke jurang, yang dibawahnya terdapat Sungai Cimedang.

Cucu salah seorang penumpang mobil elf menuturkan, datangnya longsoran dari atas tebing itu tiba-tiba. Ia pun panik langsung keluar menyelamatkan diri

“Karena mobil yang saya tumpangi hampir tertutup material longsor,” ucap Cucu yang terjebak material longsoran ini.

Cucu menjelaskan, longsor tersebut datang secara tiba-tiba dan mobil elf yang ia tumpangi hampir terkubur material longsoran.

“Hampir saja mobilnya juga masuk ke jurang akibat terseret material longsor. Untungnya ban mobil terganjal batu,” imbuh Cucu.

Sementara itu, Kapolsek Salopa, IPTU Sopian mengatakan, tebing longsor ini disebabkan hujan deras sehari semalam yang mengguyur wilayah Kecamatan Salopa.

Kapolsek menyebut, bencana tanah longsor sering terjadi jika turun hujan deras. Oleh sebab itu, pihaknya mengimbau kepada warga yang rumahnya berada dekat tebing untuk tetap waspada.

“Termasuk kepada para pengendara. Karena saat musim hujan rawan terjadi longsor,” paparnya.

Lebih lanjut Kapolsek menerangkan, jalan utama yang tertimpa longsor ini menghubungan 4 kecamatan, yaitu Salopa, Cikatomas, Cikalong, dan jalan alternatif menuju ke Kabupaten Pangandaran.

“Sejumlah kendaraan roda dua dan empat menuju Salopa-Cikatomas tidak bisa melintas,” tandas Kapolsek.

Hingga kini pihak kepolisian bersama warga masih siaga di lokasi kejadian. Karena khawatir terjadi longsor susulan.

Untuk membersihkan material batuan dan tanah longsor tersebut, kepolisian telah koordinasi dengan BPBD dan DPUPR untuk menurunkan alat berat ke lokasi. Ndhie

Related posts