Nyambung, LSM Padi dan Pepes Kerjasama Sosial dan Ekonomi Bagi Warga

7,995 kali dilihat, 810 kali dilihat hari ini

Photo bersama LSM Padi, Pepes dan Warga Dusun Pasirlandak | Wan.K

Ciamis, Wartatasik.com – LSM Padi (Peradaban Demokrasi Indonesia) Kabupaten Ciamis terus berbagi terhadap masyarakat yang membutuhkan uluran tangan seperti jompo, anak yatim dan kaum Duafa.

Kali ini, kegiatan aksi peduli sosial itu dilaksanakan di Dusun Pasirlandak Desa Pasirtamiang Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis terhadap 30 orang penerima, Selasa (14/01/2020).

Ketua LSM Padi Andi Ma’ruf Hidayat mengungkapkan, aksi sosial ini hasil komunikasi dengan Perhimpuman Penggerak Indonesia Sejahtra (Pepes) dan pihaknya mengkoodinir kegiatan sosial yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi.

“Jadi kami berkoordinasi dengan Pepes salah satu bidang ekonomi yang memang diperlukan oleh masarakat di bawah. Artinya punya UMKM, punya produk yang belum bisa menembus pasar.

Produk di Cihaurbeuti sendiri diantaranya belekem, opak aci, seroja namun warga sulit tentang bikin  perijinan. Lantaran itu, Pepes hadir mengawal membantu dan mengkoodinir bahkan semua potensi makanan UMKM yang berada di Kec Cihaurbeuti.

“Jadi Pepes ini sebagai fasilitator dan pasar, mereka membantu dari wirausahanya dan seminar usahanya mereka bisa,” ungkapnya.

Lanjut Andi, kehadiran Pepes ini sangat elegan dan normatif membantu Padi melakukan di bidang sosial dan ekonomi sehingga lebih seimbang. Apalagi Pepes masuk skup Nasional bahkan Go Internasional dan mempunyai pasar online yang di sebut dengan kulaku.com.

“Saya berharap Padi dengan Pepes, padi khususnya di bidang sosial artinya padi selalu bisa memberikan kecintaan dan kepedulian terhadap sesama. Karena memang harus selalu di punculkan di setiap nurani masyarakat untuk kita punya naruri untuk membantu sesama,” ujarnya.

Andi membeberkan alasan kerjasama dengan Pepes, karena selain bantuan sembako juga memberikan motivasi agar bisa memiliki produk dan memiliki daya jual.

Ditempat sama, Ketua Pepes Eflin Kurniawati msnyebut, tujuan organisasinya merangkul semua penggiat UMKM seluruh Kota Tasikmalaya karena punya program satu warga, satu produk dan juga ada program BBM (Belanja Buatan Ema).

“Alhamdullilah kami bisa berkordinasi dengan LSM Padi di wilayah Kabupaten Ciamis dan sangat nyambung sekali, jadi kita juga sosial independen, ada ekonominya juga, dan sosialnya nyambung dengan LSM padi ini,” imbuhnya. Wan.K.

Related posts